Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Petani Silakan Ajukan Bantuan Jika Areal Sawahnya Terendam Banjir

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
    Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan di masa sulit ini, pemerintah akan tetap hadir membantu masyarakat. Termasuk kelompok petani yang terdampak karena fenomena hidrometeorologi, dan areal persawahannya tergenang banjir.

    Menurut Ganjar, pada 2020 kemarin sudah disiapkan untuk bantuan seluas 20 ribu hektare bagi pertanian gagal panen.

    Ganjar menjelaskan, para petani yang terdampak banjir dan tidak bisa panen bisa mengajukan bantuan. Dan pemprov akan membantu, sesuai dengan anggaran yang telah dialokasikan.

    "Kalau mereka sudah daftar asuransi (pertanian) kita sudah siapkan. Ada asuransi pertaniannya. Tapi saya tinggal minta masyarakat untuk melaporkan. Maka sebenarnya yang sudah punya kartu tani tinggal lapor saja," kata Ganjar, belum lama ini.

    Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu menambahkan, saat ini memang terjadi fenomena hidrometeorologi dan berpengaruh pada cuaca ekstrem. Akibatnya, curah hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung cukup lama membuat bencana banjir di sejumlah tempat.

    Menurutnya, bagi petani yang areal sawahnya terdampak banjir bisa langsung mengajukan bantuan kepada pemerintah.

    "Kalau 80 persen itu dari Kementan yang bayar, dan masyarakat menanggung 20 persennya. Kalau itu dari APBD kita 100 persen kita yang nanggung. Jadi, dari APBD Jateng 100 persen kita yang bayar. Kalau dari pusat itu masyarakat masih kena 20 persen," ujar Peni. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar