Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Penyintas COVID-19 Didorong Donor Plasma Konvalesen

Gubernur Ganjar PRanowo saat meninjau PMI Kota Solo dan 
melihat progres donor sukarela plasma konvalesen.
    Semarang-Salah satu anggota dari tim uji klinis plasma konvalesen di RSUD Moewardi dr Artrien Adhiputri mengatakan sudah banyak pasien yang dirawat, kemudian bisa diselamatkan berkat terapi plasma konvalesen. Dari mulai kategori pasien sedang, berat hingga kritis. 

    Oleh karena itu, para penyintas yang telah sembuh dari paparan COVID-19 didorong untuk mendonorkan plasma darah konvalesen guna membantu pasien COVID-19 lainnya. 

        Menurutnya, terapi plasma konvalesen memberikan dampak yang cukup baik dalam proses penyembuhan.

        Artrien menjelaskan, terapi plasma konvalesen memberikan dampak yang baik utamanya bagi pasien dengan kondisi terpapar sedang hingga berat. Namun, ada juga yang tidak sempat tertolong meski sudah dibantu terapi plasma konvalesen.

        "Tetapi ingat, ini merupakan terapi tambahan. Jadi, keberhasilan terapi plasma ini tidak lepas dari terapi-terapi yang lain karena tidak berdiri sendiri. Mencocokkan darah juga tidak semudah itu, ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi," kata dokter Artrien, belum lama ini.

        Lebih lanjut dokter Artrien menjelaskan, pasien yang sempat diberikan terapi plasma konvalesen namun meninggal dunia memang sudah dalam kondisi kritis. Sehingga, harapan hidupnya tidak terlalu banyak.

        Sementara itu salah satu penyintas, Kusmanto sengaja datang ke PMI Kota Solo untuk ikut donor plasma konvalesen. Dirinya mengaku tahu ada donor plasma konvalesen, setelah mendapat informasi dari sejumlah grup di media sosial.

        "Saya mau donor plasma, demi kemanusiaan. Saya kan dulu penyintas, pernah kena. Lewat grup Facebook itu, saya dapat informasi soal donor plasma. Oleh karena itu, saya ajak penyintas lain untuk siap donor demi kemanusiaan," ujar Kusmanto. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar