Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ritual Tao Pekong Sambut Dewa Turun ke Bumi

Sejumlah umta Tri Dharma memanjatkan doa di acara ritual 
Tao Pekong di Kelenteng Tay Kak Sie Semarang.

    Semarang-Ritual Tao Pekong dalam rangka menyambut turunnya para dewa dari kayangan, digelar di Kelenteng Tay Kak Sie Gang Lombok Semarang. Ritual itu digelar, setelah empat hari perayaan Imlek dan diharapkan turunnya para dewa membawa keberkahan bagi manusia.

    Wakil Sekretaris Yayasan Tay Kak Sie, Ivan mengatakan ritual Tao Pekong itu untuk menyambut dewa-dewa turun dari kayangan, dan biasanya dilakukan setelah perayaan Imlek. Tradisi Toa Pekong menyambut dewa turun ke bumi, setelah naik ke kayangan melaporkan tentang catatan hidup manusia.

    Menurutnya, para dewa naik ke kayangan untuk melaporkan segala amal baik maupun buruk umat selama satu tahun perjalanan hidup.

    Ivan menjelaskan, selama para dewa naik ke kayangan itu manusia atau umat melakukan sejumlah ritual lainnya. Yakni, membersihkan kiemsin atau rupang-rupang berupa patung dewa sebagai simbol pembersihan batin manusia memasuki tahun yang baru. 

    "Bakar tampah itu sudah sejak zaman dahulu kala. Jadi, kita tradisinya seperti itu. Tradisinya bakar kertas doa itu. Istilahnya itu sarana prasarana untuk prosesi Tao Pekong turun. Isinya tentu saja doa dan pengharapan," kata Ivan, kemarin.

    Lebih lanjut Ivan menjelaskan, pada saat para dewa kembali turun ke bumi itu akan membawa berkah kepada manusia. Sehingga, diharapkan selama setahun ke depan perjalanan hidup manusia di bumi akan diselimuti kebaikan dan keselamatan.

    Menurut Ivan, perayaan Cap Go meh setiap tanggal 15 di bulan pertama penanggalan Tionghoa sebagai puncak perayaan Imlek akan digelar secara terbatas.

    "Umat dan masyarakat Tionghoa lainnya, diharapkan sembahyang di rumah masing-masing karena situasi pandemi saat ini," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar