Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Virtual Expo Bantu Pelaku UKM Pasarkan Produk Secara Online

Gubernur Ganjar Pranowo saat bertanya ke 
salah satu penerima KUR Bank Jateng.

    Semarang-Salah satu pelaku UKM, Novi asal Purbalingga mengaku terbantu dengan inovasi yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Jateng. Melalui UKM Virtual Expo (UVO), dirinya bisa kembali berjualan produk makanan tanpa harus bertatap muka dengan calon pembeli.

    Menurutnya, di masa pandemi yang mengharuskan pembatasan fisik harus pintar-pintar mencari strategi pemasaran.

    Novi yang berjualan produk olahan abon itu menjelaskan, sejak mengikuti gelaran jualan secara online pada 2020 kemarin sudah merasakan dampak baiknya. Omzet penjualannya terus mengalami peningkatan, dan produknya semakin dikenal luas masyarakat. Bahkan, sampai ke mancanegara.

    "Dari yang pertama pameran itu, Alhamdulillah penjualannya bagus. Sampai hari ini karena itu berupa web, jadi masih ada yang masuk ke kita untuk pemesanan atau tanya produk. Karena web-nya itu di-link-kan langsung ke WA kita. Jadi, kita mudah untuk ngecek siapa yang telah melihat toko kita di web," kata Novi, kemarin.

    Menurutnya, sejak mengikuti UVO pertama pada 2020 kemarin itu omzetnya naik hampir 40 persen. Cukup banyak pesanan yang datang, tidak hanya dari Jateng saja tetapi hingga luar Jawa dan mancanegara. 

    Namun demikian, Novi mengaku masih belum bisa memenuhi pesanan untuk pengiriman ke luar negeri. Sebab, masa pandemi ini cukup menyulitkan untuk bisa mengirim produk makanan karena masalah perizinan di negara tujuan.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Ema Rachmawati menjelaskan bahwa virtual expo yang digelar itu memang untuk menyiasati di masa pandemi dan membantu pelaku UKM kembali berjualan. Masyarakat bisa membeli produk UKM unggulan Jateng secara online, melalui www.ukmvirtualexpo.com.

    "Awal tahun ini kita fokus pada produk makanan dan minuman unggulan Jawa Tengah. Ada 150 UKM yang ikut di awal tahun ini," ujar Ema.

    Ema berharap, gelaran virtual expo bisa membantu para pelaku UKM memasarkan produknya. Sehingga, perekonomian akan kembali bangkit. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar