Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Anomali Cuaca Tahun Ini Bisa Ganggu Stok Pangan di Jateng

Pribadi Santoso
Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng
    Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan pihaknya telah memitigasi gangguan anomali cuaca, terhadap ketersediaan pangan pada tahun ini. Pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok pangan, termasuk penguatan program cadangan pangan dalam upaya menghadapi anomali cuaca.

    Pribadi menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk menjaga stabilitas inflasi pangan sebagai dampak dari fenomena La Nina. Pernyataan itu dikatakannya usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Pangan Strategis Jawa Tengah Menghadapi Anomali Iklim 2021, baru-baru ini.

    Menurut Pribadi, kelompok bahan pangan dan juga minuman serta tembakau selama ini masih menjadi penyebab utama gejolak inflasi di Jateng sejak 2012 sampai 2018. Beberapa komoditas yang kerap menyumbang inflasi di Jateng di antaranya adalah beras dan kelompok cabai-cabaian.

    "Berdasarkan data historis gangguan La Nina maupun El Nino, menyebabkan penurunan produktivitas pertanian yang selanjutnya akan mendorong tekanan inflasi yang lebih tinggI. Yakni, terjadi pada komoditas volatile food yang rentan terhadap gangguan cuaca. Dengan adanya perubahan iklim, intensitas gangguan fenomena La Nina diperkirakan akan semakin meningkat, sehingga berdampak negatif terhadap produktivitas pertanian. Ini yang perlu terus dicermati," kata Pribadi.

    Lebih lanjut Pribadi menjelaskan, fenomena iklim yang terjadi sepanjang 2021 ini harus menjadi perhatian karena akan memberi pengaruh terhadap produk pangan khususnya volatile food. Sehingga, diperlukan adanya perbaikan infrastruktur jaringan irigasi dan infrastruktur logistik serta pengembangan kerja sama antardaerah dan penguatan digitalisasi pertanian.

    "Melalui penerapan digitalisasi pertanian akan menjadi solusi menjaga ketersediaan pasokan pangan di Jateng, dan untuk menghadapi fenomena iklim cuaca sepanjang tahun ini. Sehingga, teknologi digital dari hulu sampai hilir akan menjadi fokus yang dikembangkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Jateng," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar