Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tempat Wisata Didorong Manfaatkan Aplikasi QRIS

Iss Savitri Hafid
Deputi Kepala Perwakilan Grup
KPw BI Jateng
    Semarang-Deputi Kepala Perwakilan Grup Perumusan dan Implementasi KEKDA Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Iss Savitri Hafid mendorong sistem pembayaran elektronik atau nontunai, bisa dilakukan di seluruh kehidupan masyarakat termasuk di kawasan obyek pariwisata. Sehingga, upaya membangkitkan sektor pariwisata di masa pandemi bisa terwujud.

    Iss menjelaskan, proses pemulihan ekonomi tidak bisa dilepaskan dari memanfaatkan ekonomi digital baik untuk UMKM maupun pemerintah dan kehidupan sehari-hari. Pernyataan itu dikatakannya di sela rangkaian kegiatan Road to Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia di kantornya, kemarin.

    Dengan masifnya pembayaran nontunai di tengah masyarakat dan diaplikasikan di sektor pariwisata, maka akan semakin cepat proses pemulihan ekonomi di masa pandemi. Sebab, pembatasan kerumunan bisa dilakukan dan mengurangi potensi penularan COVID-19 lewat sentuhan langsung dari media uang tunai.

    Menurut Iss, penggunaan pembayaran nontunai melalui aplikasi QRIS cukup tinggi dan sudah ada ratusan ribu merchant tergabung dalam QRIS Jateng. 

    "Penggunaan QRIS untuk mendorong pariwisata, baik dari UMKM yang menjual sovenir di tempat wisata maupun untuk tiket-tiket masuk ke tempat wisata tersebut. Kita melihat memang penggunaan QRIS itu dapat digunakan di berbagai elemen, pasar tradisional maupun pemerintah daerah hingga sektor pariwisata. Karena itu pengembangannya tentu memerlukan partisipasi pentahelik," kata Iss.

    Iss lebih lanjut menjelaskan, penerapan pembayaran nontunai di tempat pariwisata juga merupakan adaptasi kebiasaan baru selama masa pandemi. Selain itu, masyarakat juga merasa lebih aman karena tidak perlu membawa uang lebih banyak. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar