Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

27.808 Usulan Warga Disampaikan Dalam Musrenbang 2022

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
    Semarang-Musrenbang 2022 yang digelar secara virtual, mendapat antusiasme masyarakat untuk memberikan masukan terkait perencanaan pembangunan daerah. Tercatat, terdapat 27.808 usulan perencanaan pembangunan dari masyarakat yang masuk dalam website resmi. Total anggaran dari usulan yang disampaikan masyarakat sebesar Rp31,7 triliun.

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi semangat masyarakat, yang ikut terlibat dalam perencanaan pembangunan daerah. Terbukti, meski daring namun antusias masyarakat tetap tinggi.

    Ganjar menjelaskan, semua usulan dan masukan dari masyarakat itu masuk dalam sistem dan transparan. Argumentasi dan data yang dilampirkan harus sesuai, sehingga verifikasi harus dilakukan dari setiap usulan tersebut.

    Menurut Ganjar, verifikasi harus dilakukan dan diharapkan tidak ada lagi cerita dimasukkan secara paksa dari kiri kanan menjadi data siluman. 

    "Akan tetapi, jika usulan itu angkanya sudah melebihi kapasitas anggaran maka nanti keputusannya tinggal politik. Dari eksekutif dan legislatif akan bicara. Maka tadi saya terima kasih DPRD ikut hadir. Nanti diputuskan mana yang skala prioritas, dan daerah mana kepentingannya apa. Semuanya harus sesuai dengan RPJMD," kata Ganjar.

    Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, potensi anggaran Pemprov Jateng tidak mungkin memenuhi semua usulan dari masyarakat. Oleh karena itu, nantinya akan diputuskan skala prioritas dari masing-masing usulan dan memertimbangkan kepentingan daerah. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar