Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Jateng Didorong Perluas Digitalisasi Daerah

Pribadi Santoso
Kepala KPw BI Jateng
    Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan pihaknya mendorong pemprov, untuk memerluas digitalisasi daerah sesuai arahan Satgas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). Pernyataan itu dikatakannya usai bertemu Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan keputusan presiden terkait P2DD dan pembentukan Tim P2DD, Senin (5/4).

    Pribadi menjelaskan, perluasan digitalisasi daerah merupakan implementasi dari Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Sebab, elektronifikasi transaksi daerah akan meningkatkan tranparansi keuangan daerah dan mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah. 

    Menurut Pribadi, pembayaran administrasi perpajakan ataupun pembayaran kas daerah yang dilakukan dengan elektronifikasi digital juga mudah dalam penerapan di lapangan. Sebab, pembayaran yang dilakukan masyarakat atau pelaku usaha kena pajak langsung ke rekening daerah.

    "Kalau sebagian besar sudah dilakukan melalui bank, lewat aplikasi. Nanti apabila sudah ada pengembangan lebih lanjut, mungkin orang tidak perlu pergi ke bank. Tinggal menggunakan aplikasi. Termasuk pembayaran SIM, itu sudah bisa dilakukan juga melalui sistem yang ada dan langsung masuk ke rekening pemda," kata Pribadi.

    Lebih lanjut Pribadi menjelaskan, elektronifikasi digitalisasi bisa diwujudkan melalui ekosistem sistem pembayaran yang mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional. Sehingga, mampu mendorong digitalisasi perbankan melalui Open Aplication Programming Interface (Open API). (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar