Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sindikat Penempatan Pekerja Migran Ilegal Harus Diberantas

Kepala BP2MI Benny Rhamdani menyebut ada sindikat mafia
penempatan pekerja migran ilegal ke luar negeri.

    Semarang-Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengaku, pihaknya terus berupaya memberantas praktik sindikat mafia penempatan pekerja migran ilegal. Pernyataan itu dikatakannya saat bertemu dengan Gubernur Ganjar Pranowo, belum lama ini.

    Menurutnya, sindikat tersebut merugikan bangsa dan diduga memiliki beking oknum yang memiliki atribut kekuasaan.

    Benny menjelaskan, pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri tercatat ada 3,7 juta orang. Namun, data World Bank menyebutkan jika pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri mencapai sembilan juta orang. Artinya, ada dugaan jika 80 persennya merupakan pekerja migran ilegal.

    "Kita sedang berhadapan dengan sindikat mafia penempatan ilegal. Ini dikendalikan segelintir orang yang memiliki modal kapital. Selalu saya katakan, sialnya mereka dibekingi oknum-oknum yang memiliki atribut kekuasaan. Saya tidak pernah berbasa basi, karena ini era transparansi. Nah, konsekuensi penempatan ilegal ini artinya mereka di luar radar perlindungan negara. Karena tidak pernah tahu siapa mereka, dan berasal dari mana serta bekerja di negara penempatan mana saja," kata Benny.

    Lebih lanjut Benny menjelaskan, negara tidak boleh kalah dengan sindikat mafia penempatan pekerja di luar negeri. Oleh karena itu, pemerintah desa atau kelurahan harus bisa mendata warganya yang akan bekerja di luar negeri sesuai dengan jalur legal atau benar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar