Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sumber Gas Api Abadi Mrapen Kembali Ditemukan

Tim Dinas ESDM Jateng melakukan pemetaan untuk mencari 
sumber gas baru api abadi Mrapen.

    Semarang-Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan pihaknya terus berupaya dan menemukan kembali sumber gas di kawasan api abadi Mrapen, setelah padam selama enam bulan. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

    Menurut Sujarwanto, dari beberapa upaya yang dilakukan ditemukan sumber gas baru pada pengeboran hingga kedalaman 42 meter dengan tekanan cukup kuat.

    Sujarwanto menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim untuk mencari sumber gas api abadi di Mrapen dengan berbagai teknik. Bahkan, upaya tersebut dilakukan sejak Februari hingga April 2021 dan saat ini sudah menemukan titik baru sumber gas api abadi.
 
    "Nah kami melakukan upaya-upaya teknis melalui jebakan-jebakan gasnya, dan volume-volume gasnya yang dapat kita temukan. Yakni melalui pendugaan bawah permukaan dan melalui pemetaan geologi permukaan serta pengukuran geolistrik tiga dimensi, untuk meyakini adanya sumber-sumber jebakan gas di bawah tanah," kata Sujarwanto.

    Sujarwanto lebih lanjut menjelaskan, dari satu titik pengeboran itu pihaknya kemudian mengorientasikan aliran fluida dan diikuti aliran gas. Dari titik itu kemudian akan dialirkan, dan menjadi sumber bagi api abadi Mrapen. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar