Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BMKG Minta Warga Semarang Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Pancaroba

Kasi Data dan Informasi BMKG Semarang Iis Widya Harmoko
menjelaskan tentang peta musim kemarau.
    Semarang-Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Semarang Iis Widya Harmoko meminta masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya, agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem saat musim pancaroba peralihan dari musim hujan ke musim kemarau dalam beberapa hari ke depan. Yakni, terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi pendek. Pernyataan itu dikatakan Iis saat ditemui di kantornya, Jumat (21/5).

    Menurut Iis, untuk di wilayah Jawa Tengah musim kemarau secara umum dimulai pada Mei 2021. Namun, ada juga beberapa wilayah yang sudah masuk musim kemarau dimulai pada akhir April 2021. 

    Iis menjelaskan, pada musim kemarau masih terjadi hujan walau tidak sebanyak saat musim hujan. Pada musim pancaroba atau masa transisi ini, biasanya terjadi perubahan cuaca sebelum memasuki musim kemarau. Misalnya di Kota Semarang dan sekitarnya yang musim kemarau diperkirakan akhir Mei 2021, saat ini sedang dalam masa transisi menuju musim kemarau.

    "Untuk kondisi-kondisi yang perlu diwaspadai tentu saja adanya kondisi cuaca ekstrem. Pada saat masa transisi atau pancaroba, masih ada peluang adanya potensi cuaca ekstrem. Kenapa seperti itu? Dengan adanya perubahan dari musim hujan ke musim kemarau, tentu saja akan terjadi perubahan atmosfer di udara karena perubahan pola angin. Biasanya musim hujan itu angin baratan, dan musim kemarau adalah angin timuran. Misalnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Biasanya terjadi sore hingga malam hari," kata Iis.

    Lebih lanjut Iis menjelaskan, pada musim pancaroba perubahan dari musim hujan ke musim kemarau disertai dengan hujan ekstrem durasi pendek antara 30 menit sampai satu jam. Masyarakat tetap diminta waspada dengan perubahan cuaca memasuki musim kemarau, terutama untuk dataran rendah. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar