Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Cegah Penularan COVID-19, KSOP Pelabuhan Tegal Gelar Rapid Test ke Nelayan

Gubernur Ganjar Pranowo meeninjau ABK di Pelabuhan 
Perikanan Tegal, kemarin.
    Semarang-Kepala KSOP Pelabuhan Tegal Fatah Yasin mengatakan pihaknya bersama Dinas Kesehatan setempat menggelar Rapid Test Antigen kepada seluruh nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Kota Tegal, Minggu (9/5) kemarin. Hal itu dilakukan, untuk memastikan tidak ada nelayan yang terpapar COVID-19.

    Fatah menjelaskan, pelabuhan di wilayahnya merupakan pelabuhan besar yang ada di Jawa Tengah dan cukup padat dengan lalu lalang kapal nelayan. Ada 400 kapal nelayan yang mendarat di Pelabuhan Tegal, usai berlayar ke sejumlah daerah di Indonesia.

    Menurut Fatah, kapal-kapal nelayan itu sebelumnya berlayar ke Kalimantan atau Banjarmasin dan Jakarta.

    Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal menggelar Rapid Test Antigen masal kepada para nelayan maupun ABK.

    "Ada 400 kapal yang merapat di Pelabuhan Tegal, dan 40 persennya itu kapal-kapal dari Jakarta. ABK-nya itu mulai dari Brebes, orang-orang Tegal sampai Pekalongan. Semuanya sudah dites dan Alhamdulillah negatif. Ada satu yang positif, itu nelayan yang dari darat," kata Fatah.

    Lebih lanjut Fatah menjelaskan, pemeriksaan kepada para nelayan dan ABK dilakukan guna mengantisipasi paparan COVID-19 di Pelabuhan Kota Tegal. Bagi nelayan yang terpapar COVID-19, bisa dilakukan perawatan dan pemisahan untuk mencegah terjadinya penularan.

    Sebelumnya diwartakan, ada 13 ABK kapal asing yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan merapat di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Seluruh ABK dari kapal pengangkut gula rafinasi itu, saat ini sedang menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Cilacap. Sedangkan ABK lainnya yang negatif COVID-19 masih menjalani isolasi mandiri di atas kapal, dan tidak perbolehkan turun. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar