Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Nekat Mudik, Bakal Dikarantina di Rumah Hantu di Desa Sidomulyo

Gubernur Ganjar Pranowo melihat rumah karantina yang 
disiapkan Desa Sidomulyo bagi pemudik yang nekat.

    Semarang-Kepala Desa Sidomulyo Moh Sawali mempunyai cara unik, terhadap para pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman saat Lebaran. Yakni, pemudik yang nekat pulang kampung akan dikarantina di rumah angker di desa itu. Pernyataan itu dikatakan Sawali saat menerima kunjungan Gubernur Ganjar Pranowo, kemarin.

    Menurut Sawali, rumah karantina yang disebut angker itu terletak di tengah hutan dengan jarak 300 meter dari permukiman penduduk. 

    Sawali menjelaskan, bangunan itu sebenarnya adalah musala dan sudah lama tidak terpakai. Sekeliling bangunan tumbuh semak dan pohon-pohon besar serta di depan bangunan terdapat sebuah sendang. 

    Tempat itu sengaja digunakan bagi pemudik, yang nekat pulang kampung tanpa membawa surat keterangan kesehatan bebas COVID-19. Saat ini ada dua pemudik, yang menjalani karantina di bangunan tersebut.

    "Kalau ada pemudik yang nekat tanpa membawa keterangan sehat dari dokter. Saat ini sudah ada dua orang yang dikarantina, dan itu betul-betul membuat efek jera  bagi pemudik yang lain. Ada juga yang pulang tapi taat protokol, dalam artian isolasi di rumah selama dua hari dan swab Antigen. Biasanya sebelum pandemi, pemudik yang pulang bisa sampai 500 orang. Tapi sekarang di bawah 25 orang. Jadi, efek jeranya memang luar biasa," kata Sawali.

    Lebih lanjut Sawali menjelaskan, adanya bangunan angker digunakan sebagai karantina untuk pemudik yang nekat pulang kampung juga telah diviralkan di media sosial. Hal itu menjadi langkah antisipasi mendukung kebijakan pemerintah, yang melarang kegiatan mudik di hari raya tahun ini. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar