Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

SOP Tempat Wisata Perlu Diaudit Rutin

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
    Semarang-Kasus kecelakaan perahu terbalik dan menyebabkan beberapa orang wisatawan tewas tenggelam di Waduk Kedung Ombo, harus dijadikan pelajaran bagi semua pihak. Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, usai menghadiri acara halal bihalal secara virtual di Gradhika Bhakti Praja, Senin (17/5).

    Ganjar menjelaskan, kejadian perahu tenggelam di Waduk Kedung Ombo harus menjadi perhatian semua pihak dan tempat-tempat wisata perlu dilakukan audit rutin. Khususnya, yang berkaitan dengan prosedur standar di obyek wisata.

    Menurutnya, audit rutin perlu dilakukan agar diketahui secara pasti perkembangan dan pelaksanaan SOP di tempat wisata. Sehingga, bisa diketahui, SOP dilaksanakan dengan benar atau tidak.

    "Memang kemarin agak ramai pada posisi pariwisata, tempat destinasi yang menjadi perhatian kita. Pelajaran kita dari waduk Kedung Ombo kemarin adalah pengelola ini musti dilakukan suatu audit rutin. Dari audit itu, kita harus tahu SOP dilakukan dengan benar dan itu berlaku untuk seluruh wahana yang ada di situ. Tidak hanya wahana air, tetapi wahana lain. Umpama tempat selfie,apakah konstruksinya bagus atau apakah jembatannya bagus. Kalau mereka menggunakan wahana air, apakah safety system-nya cukup dan peralatan resque-nya cukup. Ini penting untuk kita evaluasi bersama," kata Ganjar.

    Ganjar lebih lanjut meminta kepada seluruh bupati/wali kota se-Jateng, agar melakukan pemeriksaan terhadap obyek wisata di daerahnya masing-masing. Khususnya, yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan masyarakat.

    "Saya berterima kasih kepada bupati dan wali kota yang kemarin tegas bertindak. Saya tahu ini tidak populer, saya tahu ini tidak mudah, tetapi melakukan itu untuk menjaga keamanan dan keselamatan rakyat," jelasnya.

    Sebelumnya, Ganjar mengancam mencabut izin operasional tempat wisata yang mengabaikan keselamatan pengunjung. Hal itu menyusul kejadian perahu wisata tenggelam di Waduk Kedung Ombo, Kabupaten Boyolali, Sabtu (15/5/2021). Perahu wisata itu diduga melebihi kapasitas, sebelum akhirnya tenggelam. Sejumlah penumpang menjadi korban, dan sudah ditangani pihak kepolisian. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar