Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Perusahaan di Semarang Didorong Bisa Go Public

Semarang-Kepala BEI Semarang Fanny Rifqi mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pemilik perusahaan, agar mau melakukan go public. Sebab, saat ini di wilayah Semarang atau Jawa Tengah I masih sedikit perusahaan yang sudah go public. Pernyataan itu dikatakannya saat dihubungi via telepon, kemarin.

Menurut Fanny, belum banyak perusahaan di wilayah Semarang yang go public dengan berbagai alasan.

Fanny menjelaskan, upaya-upaya yang terus dilakukan bursa efek adalah melakukan sosialisasi go public kepada perusahaan-perusahaan di wilayah Semarang. Salah satunya, dengan menggelar work shop tentang go public yang dilakukan belum lama ini dan diikuti 20 perusahaan di wilayah Jateng dan sekitarnya. 

Menurutnya, dari upaya yang dilakukan itu diharapkan bisa mencetak emiten-emiten baru di Semarang untuk kemudian melakukan go public.

"Sampai dengan 2021 ini tercatat sudah ada 23 perusahaan yang melakukan IPO atau go public. Kalau kita kembali pada tahun 2020 kemarin, selama setahun di Bursa Efek Indonesia ada sekitar 51 perusahaan yang IPO. Pada 2020 kemarin, IPO bisa menggalang dana sampai dengan Rp1.491 triliun. Dominan adalah obligasi pemerintah sebesar Rp1.369 triliun, dan IPO ada Rp5,6 triliun," kata Fanny.

Lebih lanjut Fanny menjelaskan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan jika sudah go public. Misalnya perusahaan akan mengembangkan usaha atau membayar pinjaman, jika sudah go public akan mudah dilakukan karena ada suntikan dana lewat penjualan saham perusahaan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar