Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Waspadai Jebakan Pinjol Ilegal

Semarang-Kepala Kantor Regional 3 OJK Jawa Tengah-Yogyakarta Aman Santosa mengatakan pihaknya terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk terhindar dari jeratan aplikasi pinjaman online (pinjol) ilegal. Terutama, bagi pinjol ilegal yang menawarkan bunga tidak wajar dan justru meresahkan masyarakat. Pernyataan itu dikatakannya saat menjawab pertanyaan wartawan seputar aktivitas pinjol ilegal di Jateng secara virtual, kemarin.

Menurut Aman, pihaknya terus melakukan penetrasi edukasi dan sosialisasi untuk menangkal masyarakat dari paparan rayuan pinjol ilegal. 

Aman menjelaskan, tawaran pinjol ilegal selama ini secara masif mencoba merayu masyarakat agar masuk jebakannya. Bagi yang paham, maka tawaran itu akan diabaikan tetapi bagi masyarakat kurang paham dengan mudah masuk jebakan.

"Dua minggu yang lalu kita melaksanakan webinar dengan kalangan UMKM, pengusaha mi dan bakso. Mereka menyebut keberadaan pinjol ini dengan cukup berimbang. Bahkan, dia membandingkan jasa atau bunga yang ditawarkan pinjol ilegal ini masih lebih baik bila dibandingkan. Misalnya yang ditawarkan peminjam-peminjam informal atau katakanlah rentenir. Memang mereka memberi nasihat kepada mereka-mereka agar meminjam sesuai dengan kebutuhan dan realistis. Jangan meminjam kalau kira-kira tidak bisa mengembalikannya," kata Aman.

Lebih lanjut Aman meminta kepada masyarakat, agar cerdas dalam menggunakan aplikasi pinjol ilegal. Selain itu, Satuan Tugas Waspada Investasi di Jateng juga terus diminta meningkatkan edukasi kepada masyarakat dalam upaya menangkal bujukan pinjol ilegal. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar