Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gunakan Solar Cell, SPBU Bisa Hemat Pemakaian Energi Listrik

SPBU di Jalan Sultan Agung Semarang sudah memakai
energi solar cell.
Semarang-Pertamina menerapkan konsep SPBU ramah lingkungan, dengan menggunakan perangkat solar cell. Penggunaan solar cell itu, mampu melakukan penghematan energi listrik. 

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan melalui Pertamina Go Sustainable, pihaknya menghadirkan 13 Green Energy Station (GES) di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui wartawan, kemarin.

Brasto menjelaskan, Pertamina berkomitmen untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan. Efisiensi biaya operasi dari penggunaan solar cell itu, mampu melakukan penghematan pengeluaran per bulannya. Misalnya SPBU dengan kapasitas solar PV 6,3 Kwp, mampu menghemat sekira 12,5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional. 

Menurutnya, SPBU yang menggunakan energi solar cell di Kota Semarang ada di empat titik dan di Kota Yogyakarta ada dua titik.

"GES itu adalah SPBU yang menerapkan konsep ramah lingkungan dan modern. Apa sih GES itu? GES itu adalah konsep SPBU yang terdapat solar cell atau pembangkit listrik tenaga surya. Jadi, listrik yang di SPBU itu sumbernya dari tenaga surya melalui solar cell tersebut. Dengan adanya soal cell tersebut, maka akan ada penghematan untuk pemakaian listrik di SPBU," kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan kehadiran GES merupakan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan aspek Environmental, Social, Governance (ESG) dalam kegiatan usahanya. Sebab, Pertamina terus berupaya menghadirkan perbaikan dan nilai tambah secara berkelanjutan.

"Hadirnya GES memberikan kontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan, atau sustainable development goals pada beberapa sektor," pungkasnya. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar