Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Potensi SAR Diberi Pelatihan Pertolongan Ketinggian

Budi Purnowo Sari
Koordinator Instruktur Basarnas Semarang
Semarang-Koordinator Instruktur Basarnas Semarang Budi Purnomo Sari mengatakan pihaknya memberikan pelatihan pertolongan kepada organisasi atau potensi SAR, untuk menyelamatkan korban yang berada di tempat tinggi. Pelatihan ini merupakan upaya, untuk meningkatkan kompetensi potensi SAR saat melakukan tugas di bidang pertolongan pada korban di daerah yang tinggi. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Budi menjelaskan, pelatihan digelar di kantor Basarnas Semarang selama sepekan dan diikuti 62 personel dari 27 organisasi SAR atau potensi SAR di Jawa Tengah. Pelatihan teknik pertolongan di ketinggian menjadi salah satu materi yang diberikan kepada potensi SAR, saat akan menolong korban. 

Menurut Budi, teori yang diberikan adalah pengenalan peralatan dan pertolongan medis hingga memahami simpul tali temali hingga penggunaannya. Termasuk, memberikan pertolongan korban di ketinggian berupa anchoring atau belaying dan ascending atau desending.

"Bahwa pelatihan ini adalah pelatihan teknik pertolongan ketinggiAn. Ini program kerja kantor SAR Semarang. Semua peserta itu berbagai macam organisasi SAR, atau potensi SAR kalau kita menyebutnya. Jumlahnya ada 27 organisasi SAR yang ikut. Dalam pelatihan ini untuk keseluruhan kita bagi menjadi dua kelas, di masing-masing kelas ada 31 peserta. Untuk materi banyak sekali, dan kita mengacu pada silabus Basarnas," kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, pemberian materi pertolongan di ketinggian kepada organisasi SAR atau potensi SAR diharapkan mampu membantu tugas Basarnas dalam tugas menolong korban kecelakaan atau bencana alam. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar