Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Candi Prambanan Bakal Jadi Tempat Ibadah Umat Hindu Seluruh Dunia

Candi Prambanan. (ISTIMEWA)
Semarang-Ketua Umum Tim Pencanangan Candi Prambanan Agus Wijaya mengatakan Candi Prambanan bakal disiapkan, menjadi tempat ibadah terbesar umat Hindu di seluruh dunia. Selain itu, Candi Prambanan juga akan dikonsep sebagai destinasi wisata religi bagi umat Hindu. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Semarang, baru-baru ini.

Menurutnya, pencanangan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu seluruh dunia itu berasal dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menginginkan Candi Prambanan bisa menjadi sentra bagi umat Hindu di seluruh dunia. 

Agus menjelaskan, total umat Hindu di seluruh dunia ada 1,1 miliar orang dan menjadi target yang akan disasar. Sehingga, pemanfaatan Candi Prambanan untuk kepentingan tempat peribadatan umat Hindu dipandang tepat. Bahkan, UNESCO juga telah menetapkan Candi Prambanan sebagai situs warisan dunia dan candi terindah di dunia.

"Borobudur misalnya Waisak Day, sedangkan di Prambanan harinya Shivaaratri/Maha Shivaratri. Shivaaratri itu adalah malam Siwa, malamnya Tuhan. Kemudian kegiatan lainnya adalah hari raya nyepi, dan abiseka semacam ulang tahunnya Candi Prambanan. Kemudian ada lagi Festival Yoga. Sekarang kan yoga sedang ngetop gitu ya untuk semua agama," kata Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, sebagai tahap awal dari pencananganan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah umat Hindu dunia akan diselenggarakan hari raya internasional yaitu Shivaratri atau Maha Shivaratri. Pada Januari 2022 mendatang, akan dilakukan simulasi skala kecil pelaksanaan Shivaratri dengan mengundang perwakilan lembaga agama Hindu dari sejumlah negara.

"Ini sebagai latihan, untuk nantinya saat dilaksanakan secara besar-besaran pada 2023 mendatang semuanya sudah siap," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar