Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kemenparekraf Masukkan Desa Wisata Sumberbulu Jadi 50 Besar ADWI 2021

Wisatawan menjelajah Desa Wisata Sumberbulu dengan
menggunakan mobil jip.
Semarang-Desa Wisata Sumberbulu di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar masuk 50 besar, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan Kemenparekraf. Desa Wisata Sumberbulu menawarkan paket wisata unik, yakni memberdayakan masyarakat dan kearifan lokal sebagai keunggulannya.

Manager Desa Wisata Sumberbulu Titin Riyadiningsih mengatakan Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep pemberdayaan masyarakat sekitar, baik dari karang taruna maupun petani dan juga pelaku UMKM. Hal itu dikatakannya saat ditemui di rumahnya, belum lama ini.

Menurutnya, di desanya tidak ada potensi wisata alam yang bisa diunggulkan. Desanya hanya ada lahan pertanian, dan sendang. Pihaknya mengemas kegiatan budaya dalam bentuk festival, dan digelar rutin setiap tahun.

"Di sini Desa Wisata Sumberbulu, menawarkan wisata edukasi dan juga ekowisata yang berbasis kearifan lokal. Di Desa Wisata Sumberbulu sendiri, kelebihannya kita tidak ada obyek yang istilahnya alam yang kita jual tetapi kita mempunyai sumber daya manusia yang sangat melimpah. Paket-paket yang kita tawarkan itu adalah SDM-nya, di mana kita ada empat paket wisata yang kita unggulkan. Yaitu ada Sumberbulu Experience, Sumberbulu Adventur Journey, Sumberbulu Adventure Ethnic dan yang terakhir Sumberbulu Outbond and Training," kata Titin.

Lebih lanjut Titin menjelaskan, Desa Wisata Sumberbulu sudah dirintis sejak 2017 dengan memulai pendataan dan pemetaan hingga pengembangan. Bahkan, di Desa Wisata Sumberbulu saat ini sudah tersedia 48 homestay dan area camping ground seluas 1,5 hektare. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar