Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Antisipasi Longsoran, Tim Siaga Jalan Provinsi Pantau Ruas Jalan

Hanung Triyono
Kepala Dinas PU Jateng
Semarang-Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah Hanung Triyono menyiapkan tim siaga yang bertugas sampai Maret 2022 mendatang, untuk memetakan dan memantau jalan-jalan provinsi rawan terhadap bahaya longsoran. Sehingga, ketika ditemukan ada jalan provinsi yang memiliki tebing dan rawan terjadi longsoran akan langsung dilakukan antisipasi. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, belum lama ini. 

Menurutnya, tim siaga akan bertugas berkeliling sesuai dengan ruas jalan provinsi yang menjadi kewenangannya. Pengecekan dilakukan setiap saat dan apabila ada kejadian tanah longsor, langsung melaporkan ke dinas terkait atau balai jalan milik provinsi.

Hanung menjelaskan, pihaknya juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui kelompok masyarakat yang siap 1x24 jam membantu memetakan dan melaporkan jika menemukan ada jalan provinsi rawan tertimbun tanah longsor di musim hujan. Setiap ruas jalan provinsi itu, terdiri dari lima orang yang berpatroli memantau kondisi jalan.

"Jalan provinsi itu biasanya yang kita antisipasi yang pasti itu di Dieng, di Weleri-Patean dan juga di daerah Tawangmangu. Kebanyakan yang ada di daerah pegunungan, itu rawan longsor. Antisipasinya bagaimana, kita siapkan untuk alat. Kita pastikan bahwa alat itu siap setiap saat dimobilisasi," kata Hanung.

Lebih lanjut Hanung menjelaskan, belum lama ini ada beberapa titik jalan provinsi yang tertimbun tanah longsor dan beberapa di antaranya sudah selesai diperbaiki. Misalnya di Wadaslintang di Kabupaten Wonosobo yang sempat mengalami longsor kurang lebih 200 meter, dan setelah dilakukan perbaikan selama 15 hari sekarang sudah bisa dilewati. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar