Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bebas Narkoba, Lapas Wanita Bulu Jadi Lapas Bersinar

Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Purwo Cahyoko 
menyerahkan piagam Lapas Bersinar kepada Kalapas 
Wanita Kelas II Semarang Kristina Hambawani.
Semarang-Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Yuspahruddin mengatakan Lapas Wanita Kelas II Bulu Semarang berkomitmen, tidak ada praktik peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan. Lapas Wanita Bulu berkomitmen, menciptakan lapas yang bersih dari narkotika. Pernyataan itu dikatakannya di sela pencanangan Lapas Wanita Kelas II Bulu Semarang sebagai Lapas Bersinar, Senin (22/11).

Menurutnya, komitmen Lapas Bersinar atau Lembaga Pemasyarakatan Bersih dari Narkoba harus diprioritaskan dan menjadi kesepakatan seluruh pihak yang berkompeten. 

Yuspahruddin menjelaskan, komitmen pemberantasan peredaran narkotika harus bisa dilaksanakan di seluruh lapas di wilayah Jateng. Sehingga, seluruh kepala lapas maupun rutan di Jateng harus berkomitmen menjadi wilayah kerjanya bersih dan bebas dari praktik peredaran narkotika.

"Sehingga, lapas ini menjadi tempat studi tiru bagi lapas perempuan. Memang ini pekerjaan berat, tetapi kita harus melakukannya karena Ditjen Pemasyarakatan sudah memerintahkan tiga hal. Satu deteksi dini, kedua berantas narkoba dan ketiga sinergi dengan lembaga terkait," kata Yuspahruddin.

Sementara itu Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Purwo Cahyoko menambahkan, Lapas Wanita Kelas II Bulu Semarang ini menjadi contoh bagi lapas yang sudah melaksanakan kegiatan bersih narkotika. Mulai dari pencegahan, pemberantasan dan termasuk di dalamnya melakukan rehabilitasi.

Purwo menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap lapas yang menyandang lapas bersinar. Setiap kasus yang muncul, akan dipantau ada tidaknya keterlibatan petugas lapas.

"Kita sudah komitmen bersama akan membentuk daerah-daerah bersinar. Baik itu desa bersinar, lapas bersinar dan kampus bersinar. Kalau daerah-daerah itu sudah bersinar semua dan sudah bergerak, kita berharap Indonesia juga akan bersinar," ucap Purwo. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar