Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Buruh Ancam Mogok Kerja Jika Upah Tidak Naik 16 Persen

Aksi buruh berunjuk rasa di depan kantor gubernur 
menuntut UMK 2022 naik 16 persen, Rabu (17/11).
Semarang-Puluhan butuh yang mengatasnamakan Aliansi Buruh Jawa Tengah menggelar aksi menuntut kenaikan UMK 2022 naik sebesar 16 persen di depan kantor gubernur, Rabu (17/11). Para buruh juga mengancam jika tuntutan tidak dipenuhi, maka akan melakukan aksi mogok kerja.

Koordinator aksi Karmanto mengatakan ancaman aksi mogok kerja dianggap sebagai jalan terakhir, jika tuntutan yang diajukan tidak mendapat tanggapan dari pemerintah. Sebab, kenaikan upah sebesar 16 persen itu dianggap relevan dengan kondisi saat ini.

Karmanto menjelaskan, pihak buruh selalu menjadi kelompok tertindas dan diberi upah minimal. Bahkan, upah buruh di Jateng lebih rendah bila dibandingkan dengan buruh Jawa Barat maupun Jawa Timur atau DKI Jakarta.

Menurutnya, kebijakan pemerintah belum berpihak kepada buruh dan hanya memikirkan investasi.

"Hari ini kita menyuarakan aspirasi bahwa upah di Jawa Tengah darurat. Jadi, darurat upah murah karen gubernur Jawa Tengah kemarin sudah mendapatkan rekomendasi dari dewan pengupahan untuk UMP di Jawa Tengah sebesar Rp1,8 juta. Ini sungguh memarjinalkan kita semua. Tidak sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila sila kelima," kata Karmanto.

Lebih lanjut Karmanto menjelaskan, kenaikan upah buruh pada tahun depan sebesar 16 persen itu sudah dilakukan perhitungan pihaknya. Misalnya di Kota Semarang dengan UMK 2021 sebesar Rp2.810.00 ditambah kebutuhan selama masa pandemi Rp449.600, maka UMK 2022 di Kota Semarang menjadi Rp3.259.600 atau naik 16 persen.

Sementara itu aparat kepolisian terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Pahlawan, tempat buruh melakukan aksi unjuk rasa. Sebab, buruh menutup sebagian badan jalan di depan kantor gubernur. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar