Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kepesertaan JKN di Wilayah Demak Terus Digenjot

Andi Ashar
Kepala BPJS Kesehatan
Cabang Semarang
Semarang-Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Andi Ashar mengatakan pihaknya terus berupaya optimal, dan menambah jumlah kepesertaan JKN di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Baik itu segmen peserta mandiri, maupun yang berasal dari badan usaha atau penerima upah. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Rabu (19/1).

Andi menjelaskan, program JKN yang digulirkan pemerintah sudah berjalan hampir masuk tahun ke sembilan dan masyarakat maupun badan usaha didorong untuk bisa menjadi peserta JKN. Sebab, program JKN mampu meningkatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat. 

Menurut Andi, saat ini untuk di Kota Semarang sudah mencapai 95,37 persen masyarakatnya menjadi peserta JKN. Sedangkan di wilayah Kabupaten Demak, baru mencapai 86,71 persen. Total, tercatat ada 2.644.532 jiwa yang menjadi peserta JKN di wilayah kantor BPJS Cabang Semarang.

Khusus di Kabupaten Demak, pihaknya akan terus berupaya menambah jumlah kepesertaan JKN bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Harapannya, pada tahun ini sudah bisa tercapai 90 persen warga Demak menjadi peserta JKN.

"Kalau berbicara tantangan, tentunya saya kira faktornya banyak. Salah satunya kemampuan dari membayar, itu segmen peserta mandiri. Kalau bicara segmen badan usaha, kita optimalkan melalui pemeriksaan dan pengawasan kepatuhan bersama dengan kejaksaan dan pengawas di Dinas Tenaga Kerja. Melakukan pendekatan segmentasi peserta, dan ini kami lakukan di Demak dalam bentuk mobile customer service," kata Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, program JKN juga mampu meningkatkan angka harapan hidup bagi masyarakat dan ikut berkontribusi dalam penanggulangan kemiskinan. Bahkan, program JKN mampu meningkatkan angka harapan hidup bagi masyarakat sebesar 2,1 tahun dibandingkan sebelum ada program JKN. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar