Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

UMKM di Jateng Didorong Go Digital

Kepala KPw BI Jateng Pribadi Santoso saat berbelanja
produk UMKM di Bandara Ahmad Yani, kemarin.
Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan pihaknya terus mendorong pelaku UMKM, agar melek dan teredukasi menggunakan aplikasi digital. Tujuannya, agar memudahkan dalam proses pemasaran produknya dan mudah dijangkau calon pembeli. Pernyataan itu dikatakan saat melihat pameran UMKM di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Minggu (2/1). 

Pribadi menjelaskan, pelaku UMKM yang ada di Jateng harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memasarkan produknya kepada masyarakat. Sehingga, mampu bertahan dan bangkit di masa pandemi COVID-19. 

Menurutnya, penggunaan digitalisasi tidak hanya sebatas pada pembayarannya saja tetapi juga pemasaran produknya. Sehingga, produknya tersebut bisa menjangkau calon pembeli tidak hanya di wilayah dalam negeri saja tetapi bisa sampai ke luar negeri.

"Bahwa UMKM memang menjadi tulang punggung perekonomian, terutama di masa pandemi ini. Kami juga fokus pada pengembangan UMKM. UMKM yang digital, berdasarkan riset yang ada maka UMKM yang menggunakan digital itu tiga kali lebih dapat menghasilkan profit dibanding UMKM biasa. Jadi jangan ketinggalan. Di bandara ini biasanya orang tidak spend waktu terlalu banyak, sehingga perlu punya QRIS ini," kata Pribadi.

Lebih lanjut Pribadi menjelaskan, saat ini pihaknya juga tengah mengembangkan QRIS sebagai pembayaran nontunai tidak hanya bisa digunakan di dalam negeri saja tetapi juga mancanegara. Saat ini, BI sedang membuat program pilot project dengan Thailand dalam hal pengembangan QRIS. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar