Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinas ESDM Sebut PLTSa Jadi Solusi Pengurangan Sampah

Sujarwanto Dwiatmoko
Kepala Dinas ESDM Jateng
Semarang-Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan saat ini proyek PLT Sampah (PLTSa) ada di Kota Semarang dan di Surakarta, dan dijadikan sebagai salah satu sumber energi listrik baru terbarukan. Namun, bukan kapasitas listrik yang dihasilkan diperbesar tetapi lebih kepada upaya pengurangan limbah sampah. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantor gubernur, belum lama ini.

Sujarwanto menjelaskan, proyek PLTSa bukan semata untuk mengejar ketercukupan energi saja tetapi yang utama adalah mengurangi dan menghilangkan persoalan tentang sampah. Yang saat ini sedang dikembangkan adalah PLTSa Jatibarang di Kota Semarang, dan PLTSa Putri Cempo di Surakarta.

Sujarwanto memberi contoh Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Refused Derived Fuel (RDF) di Kabupaten Cilacap yang terus didorong untuk berproduksi. Saat ini, RDF Cilacap mampu mengolah sampah 120 ton sampah per hari dan mampu menggantikan penggunaan batu baru di pabrik Semen Bangun Indonesia.

"Kalau PLTSa ini kan masih menjadi bagian yang terus kita coba, karena ini tidak berbicara mau produksi gede-gedean listriknya tapi gede-gedean menghilangkan sampahnya. Untuk PLTSa yang ada di Semarang 0,8 MW itu memang harus terus diuji terus. Rupanya untuk mencapai peak production 0,8 MW juga harus diupayakan. Untuk yang Putri Cempo, Insya Allah tahun ini akan on stream. Semula kan targetnya April, tapi karena kemarin terhambat di COVID-19 dan macam-macam sehingga banyak mesin yang perlu di set up. Tapi kita targetkan akhir tahun ini sudah running. Sudah full transaksi jual beli dengan PLN," kata Sujarwanto.

Sementara itu Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan, pihaknya siap menyerap listrik sebesar 5MW yang dihasilkan PLTSa Putri Cempo Surakarta pada akhir 2022 mendatang. Hal itu sesuai komitmen PLN, dalam mendukung perhelatan G20 di Indonesia dalam waktu dekat.

Menurutnya, PLN juga terus meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) guna mencapai target net zero emission pada 2060 mendatang.

"Sebagai pembeli, PLN siap menyerap listrik untuk disalurkan ke masyarakat luas. Kami dari sisi PLN all out dalam mendukung sisi teknis, dan kebutuhan-kebutuhan pembangunan PLTSa," ucap Darmawan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar