Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Jateng Siapkan Rp15 Triliun Untuk Kebutuhan Ramadan dan Lebaran

Solo-Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Firdauz Muttaqin mengatakan menyambut Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat. Total uang kartal yang disiapkan BI Jateng, diperkirakan mencapai Rp15 triliun. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Hotel Alila Solo, kemarin.

Firdauz menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat untuk menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini. Perkiraannya, kebutuhan uang kartal di masyarakat akan mengalami peningkatan dan kondisinya hampir sama sebelum terjadi pandemi. 

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan akan uang kartal bagi masyarakat itu pihaknya juga telah menyiapkan dalam jumlah cukup besar.

"Seluruh Jawa Tengah itu sekitar Rp12 triliun-Rp15 triliun. Dipastikan ada peningkatan dibanding tahun lalu. Tahun lalu sekitar Rp10 triliun-Rp11 triliun, dan di tahun ini kemungkinan akan tinggi. Jadi, semua uang kartal sudah tersedia dan kita sudah memperkirakan ya sekitar Rp12 triliun sampai Rp15 triliun kembali seperti normal sebelumnya," kata Firdauz.

Sementara itu Kepala Kantor BI Solo Nugroho Joko Prastowo menambahkan, kebutuhan uang di wilayah Solo Raya pada Lebaran 2021 mengalami kenaikan mencapai Rp4,2 triliun dari sebelumnya hanya Rp3 triliun. Sehingga, pihaknya juga memproyeksikan jika kebutuhan uang menjelang Lebaran tahun ini juga mengalami peningkatan.

"Dan tahun ini ketika menjadi lebih fleksibel, maka kami harus menyiapkan yang tadinya Rp4,2 triliun itu kami tambahkan jadi Rp4,7 triliun untuk proyeksi Lebaran tahun ini. Artinya naik lagi. Kalau ada yang minta tambah kami layani, stok kami banyak. Jadi jangan khawatir, masyarakat yang butuh uang untuk Lebaran cukup," ujar Nugroho. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar