Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI: Pertumbuhan Ekonomi Jateng Bakal Didorong Momentum Lebaran

Kepala KPw BI Jateng Rahmat Dwisaputra (kiri)
saat memaparkan prediksi pertumbuhan ekonomi
.
Solo-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan pada Lebaran tahun ini, diperkirakan akan membawa pengaruh positif terhadap perputaran uang dan menggeliatkan perekonomian masyarakat. Hal itu didorong adanya wacana dari pemerintah, yang bakal mengizinkan masyarakat kembali melakukan aktivitas mudik saat Lebaran. Pernyataan itu dikatakan di sela pemberian materi perbankan di Hotel Alila Solo, kemarin.

Rahmat menjelaskan, saat pemerintah mewacanakan aktivitas mudik Lebaran tahun ini tidak dilarang maka masyarakat akan menyambut momentum tersebut untuk berbelanja baju baru maupun asesori lainnya dan juga berbelanja makanan. Maka, perputaran uang menjelang Lebaran atau memasuki masa arus mudik akan meningkat. 

Menurut Rahmat, aktivitas mudik masyarakat menjelang Lebaran akan membuat sektor perdagangan mengalami peningkatan. Dampak dari mudik saat Lebaran, akan memberikan efek domino di seluruh sektor perekonomian daerah.

Saat memasuki Lebaran maupun setelah Lebaran nanti, diperkirakan ekonomi pada triwulan kedua tahun ini bakal mengalami peningkatan dari sebelumnya.

"Mudik itu di mana-mana pasti mendorong pertumbuhan (ekonomi), karena orang yang mudik pasti bawa oleh-oleh dan pasti bawa duit cash untuk dibagi-bagikan kepada sanak keluarga atau keponakaN. Yang namanya mobilitas masyarakat itu pasti akan mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor konsumsi dan transportasi. Mudik tahun ini, Insya Allah akan mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Tengah," kata Rahmat.

Sementara itu Kepala Kantor BI Solo Nugroho Joko Prastowo menambahkan, aktivitas mudik saat Lebaran memang diperkirakan bakal mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Hal itu juga akan menjadi barometer, bahwa perekonomian akan kembali pulih seperti sebelum terjadi pandemi.

"Dampak Lebaran sangat membantu pemulihan ekonomi. Mengapa demikian, ketika orang mudik terkait dengan budaya pasti akan membawa uang. Tambahan uang beredar yang akan ada di Solo karena pada mudik, ini akan meningkatkan aktivitas (ekonomi). Contoh, ketika mudik tapi tidak tinggal di rumah saudara maka akan tinggal di hotel. Maka hotel akan naik okupansinya," ucap Nugroho.

Nugroho berharap, masyarakat yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman saat Lebaran nanti tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, meskipun masyarakat diizinkan mudik Lebaran tetapi tidak membuat kasus COVID-19 juga ikut mengalami kenaikan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar