Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Produk UMKM Jadi Parsel Lebaran

Gubernur Ganjar Pranowo saat memeriksa isi dari paket
Lebaran yang merupakan produk dari UMKM Jateng.
Semarang-Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan pada tahun ini, pihaknya menyediakan empat jenis paket Lebaran dengan harga mulai dari Rp200ribu sampai Rp500 ribu. Pihaknya juga menggandeng market place lokal Blibli, untuk proses pendistribusian parsel Lebaran ke masyarakat kurang mampu sebagai penerima bingkisan. Pernyataan itu dikatakan usai peluncuran Gerakan Penjualan Parsel UMKM  2020 di Hotel Gumaya, Selasa (22/3).

Ema menjelaskan, parsel Lebaran itu akan ditawarkan kepada seluruh pejabat di lingkungan pemerintahan maupun BUMN/BUMD. Pembelian parsel Lebaran buatan UMKM, selanjutnya diserahkan kepada masyarakat kurang mampu yang membutuhkan bantuan guna menyambut bulan puasa.

Menurut Ema, pada tahun kemarin tercatat penjualan parsel Lebaran buatan UMKM mencapai lebih dari Rp2 miliar dan terkumpul dalam waktu dua pekan. Pada tahun ini, diharapkan bisa melebih capaian tahun sebelumnya karena telah dipersiapkan lebih matang.

"Provinsi kita kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh, nanti makanan yang sudah dikurasi semua dibeli ASPO dulu. ASPO yang akan membeli langsung. Untuk yang Blibli nanti menampung pesanan dari luar daerah, kayak dari Jakarta atau Kalimantan dan sebagainya. Kita enggak bisa ngirim karena tidak punya armada, sehingga Blibli menawarkan untuk masyarakat umum," kata Ema.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh (ASPO) Jateng sebagai jangkar bagi produk UMKM. Penawaran parsel Lebaran dimulai pada 22 Maret hingga 1 April 2022 mendatang, dan proses pendistribusian dilakukan pada 25-27 April 2022.

"Harapannya, pelaku UMKM terbantu dan mendapatkan penghasilan untuk bisa berhari raya bersama keluarga," jelasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra menambahkan, parsel Lebaran buatan pelaku UMKM itu akan menjadi momentum dan membantu peningkatan omzet penjualan dari pelaku usaha. Harapannya, parsel Lebaran itu bisa membantu pelaku UMKM bangkit di situasi pandemi yang belum berakhir.

"Kalau semua pihak bersinergi, kita optimis bisa membantu dan mendorong pelaku usaha di Jawa Tengah. Termasuk, mendorong masyarakat untuk mencintai sekaligus menggunakan produk-produk lokal UMKM," ucap Rahmat. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar