Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dishub Prediksi 21,3 Juta Orang Akan Mudik ke Jateng

Kendaraan pemudik saat memasuki Gerbang Tol 
Kalikangkung Semarang.
Semarang-Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Henggar Budi Anggoro memprediksi, akan ada 21,3 juta orang pemudik dari wilayah Jabodetabek maupun Jawa Barat atau Jawa Timur pada saat Lebaran tahun. Sedangkan jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jateng, diperkirakan mencapai 900 ribuan unit. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Henggar menjelaskan, hasil survei dari Balitbang Kementerian Perhubungan menyebutkan ada potensi kurang lebih 21,3 juta orang yang akan mudik ke wilayah Jateng. Angka tersebut diperkirakan cukup besar, sehingga harus diperhitungkan jumlah kendaraan yang masuk ke Jateng sekira 900 ribuan unit. 

Menurut Henggar, sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat bahwa pada masa Lebaran masyarakat sudah diperbolehkan melakukan perjalanan mudik. Sehingga, pihaknya harus memersiapkan beberapa skenario perjalanan mudik yang lancar dan aman serta nyaman dan selamat sampai ke tempat tujuan. 

"Karena dari perhitungan itu, prediksi puncak akan terjadi pada H-3 menuju H-2 Lebaran. Lebaran hari Senin dan hari Minggu ada Mayday, kemungkinan orang bergerak dari Jakarta itu hari Sabtu malam. Tentunya, ini kalau diprediksi yang melalui tol ada sekitar 100 ribu kendaraan dalam 24 jam. Bisa jadi nanti skenario ekstremnya adalah di tol ini, nanti akan diterapkan manajemen rekayasa lalu lintas berupa one way pada saat arus mudik. Pasti kendaraan dari timur, semuanya keluar lewat jalan arteri," kata Henggar.

Lebih lanjut Henggar menjelaskan, pihaknya akan melakukan upaya antisipasi kemacetan di jalur arteri atau jalan nasional saat arus mudik. Oleh karena itu, pihaknya memasang sejumlah pos-pos pelayanan di sepanjang jalur mudik di wilayah Jateng untuk membantu para pemudik. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar