Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemudik Motor Disarankan Manfaatkan Mudik Gratis

Pemudik sepeda motor memadati jalur saat pulang
ke kampung halaman.
Semarang-Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Henggar Budi Anggoro mengimbau kepada pemudik yang pulang kampung menggunakan sepeda motor, untuk memanfaatkan sarana mudik gratis dari pemerintah atau perusahaan swasta. Tujuannya, untuk mengurangi volume kendaraan di jalan dan mencegah angka kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini. 

Henggar menjelaskan, hasil survei dari Balitbang Kementerian Perhubungan menyebutkan jika akan ada 18,70 persen atau 4.394.500 orang yang mudik dari Jakarta menggunakan sepeda motor. Jumlah tersebut merupakan terbanyak kedua, setelah pemudik yang memakai mobil pribadi untuk pulang ke kampung halaman saat mudik Lebaran. 

Menurutnya, Kementerian Perhubungan telah memfasilitasi mudik gratis dengan menyediakan 270 armada bus dan mampu membawa 8.100 orang pemudik dari Jakarta menuju beberapa daerah tujuan mudik di Jateng. Termasuk menyediakan 17 truk, untuk mengangkut 510 sepeda motor milik pemudik. 

Selain itu, Jasa Raharja juga menyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat dengan menyiapkan 100 armada bus dan mampu membawa lima ribu pemudik. Termasuk, menyediakan 23 rangkaian kereta dari Jakarta membawa 15 ribu penumpang tujuan wilayah Jateng.

"Kementerian Perhubungan juga sudah menggandeng beberapa BUMN untuk mudik gratis. Kenapa mudik gratis kita dorong juga, karena itu untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Sebab, banyak laka lantas yang melibatkan kendaraan roda dua. Dengan adanya mudik gratis yang dari Kementerian akan menyiapkan 500 bus tujuan Jawa Tengah, itu nanti akan mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor," kata Henggar.

Lebih lanjut Henggar menjelaskan, Pemprov Jateng juga telah menginstruksikan kepada bupati/wali kota memfasilitasi warga perantauan yang akan mudik dengan menyediakan bus mudik gratis. Termasuk, bisa menggandeng perusahaan-perusahaan memberikan layanan mudik gratis guna mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus mudik mendatang. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar