Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Penumpang di Bandara Ahmad Yani Diperkirakan Naik 146 Persen

Sejumlah calon penumpang di Bandara Ahmad Yani
Semarang sedang menunjukkan dokumen perjalanan.
Semarang-General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan selama arus mudik Lebaran, diperkiraan akan ada kenaikan jumlah penumpang mencapai 140 persen dari periode Lebaran tahun sebelumnya. Diprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada 29 April 2022. Pernyataan itu dikatakan usai pembukaan Posko Angkutan Udara Lebaran, Senin (25/4).

Hardi menjelaskan, Lebaran pada tahun ini bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk kembali pulang ke kampung halaman setelah lebih dari dua tahun tidak bisa berkumpul dengan keluarga dan kerabat akibat pandemi COVID-19. Karena terjadi pelonggaran kegiatan masyarakat selama Lebaran dari pemerintah, akan berdampak pada peningkatan volume pergerakan penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Menurut Hardi, Posko Angkutan Udara Lebaran 2022 digelar selama 16 hari mulai 25 April sampai dengan 10 Mei 2022. Sedangkan personel yang terlibat berasal dari Angkasa Pura I, AirNav, Bea Cukai, Imigrasi, TNI/Polri serta dibantu dari kesehatan. Sementara pihak maskapai penerbangan dan pihak ground handling telah melakukan persiapan dalam segi fasilitas, personel, jam operasi dan kapasitas menjaga tingkat layanan. 

"Kami memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 29 April, atau H-2 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022, atau H+5 Lebaran. Trafik pergerakan pesawat kami proyeksikan mengalami kenaikan sebesar 93 persen, sedangkan pergerakan penumpang diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar 146 persen dibanding periode tahun lalu," kata Hardi.

Lebih lanjut Hardi menjelaskan, pihaknya juga telah menyediakan lima kios layanan check in mandiri yang bisa digunakan para calon penumpang. Hal itu dilakukan, guna menghindari penumpukan calon penumpang di sekitar areal check in. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar