Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Segera Luncurkan Pelabuhan Hortikultura

Gubernur Ganjar Pranowo berbincang dengan Wagub
Taj Yasin.
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pelabuhan hortikultura tinggal selangkah lagi, karena gagasan tersebut sudah diupayakan sejak 2021 kemarin. Bahkan, gagasan itu juga telah mendapat restu dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Pernyataan itu dikatakan saat hadir di rapat paripurna DPRD Jateng, kemarin.

Menurut Ganjar, kehadiran pelabuhan hortikultura akan mendorong kemudahan dan meningkatkan ekspor-mpor produk pertanian hingga komoditas lainnya dari Jateng.

Ganjar menjelaskan, selama pandemi ternyata Jateng mempunyai kontribusi cukup besar dalam kegiatan ekspor produk pertanian dan perikanan serta peternakan secara nasional. 

"Selama ini aktivitas ekspor impor Jawa Tengah, dilakukan dari wilayah terdekat yaitu melalui Surabaya. Sejalan dengan proses perijinan yang sudah diberikan, harmonisasi di tingkat pemerintah dilakukan dengan menyiapkan infrastrukturnya. Kalau itu terjadi, neraca perdagangan kita akan naik cepat sekali karena beberapa komoditas ekspor dari Jawa memang terkonsentrasi di Jawa Timur. Dan yang kedua, impor termasuk benih dan sebagainya juga kita ambilnya dari provinsi tetangga. Kalau ini bisa kita kelola, turunannya akan sangat banyak sekali," kata Ganjar.

Diketahui, Jateng melakukan sejumlah ekspor di masa pandemi. Selama 2021, total ekspor pertanian Jateng ke berbagai negara mencapai Rp11,10 triliun. 

Jumlah itu lebih besar dibanding dua tahun sebelumnya, yaitu ekspor pertanian Jateng pada 2019 tercatat Rp8,48 triliun dan pada 2020 naik menjadi Rp9,13 triliun. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar