Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Mau Naik ke Candi Borobudur Siapkan Dana Segini

Semarang-Menteri Koordinator Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah pusat akan mengenakan tarif sebesar Rp750 ribu bagi wisatawan domestik dan US$100 bagi wisatawan mancanegara, yang akan naik ke Candi Borobudur. Sedangkan bagi wisatawan pelajar, dikenakan tarif Rp5 ribu. Pernyataan itu dikatakan saat berkunjung ke Candi Borobudur, kemarin.

Menurutnya, pemerintah akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan Candi Borobudur dengan pengenaan tarif naik ke badan candi. Pembatasan ke Candi Borobudur tidak akan berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan, sebab di sekitar kawasan Candi Borobudur juga menyajikan pemandangan tidak kalah indahnya.

Luhut menjelaskan, kebijakan itu diambil untuk memenuhi permintaan dari UNESCO dan sejumlah pakar cagar budaya. Sebab, setiap tahunnya Candi Borobudur terjadi penurunan atau ambles.

"Mengenai Borobudur kita juga sudah putuskan, akan membatasi orang naik. Hanya 1.200 orang per hari, dan kalau orang asing kita kasih US$100 sedang lokal kita kasih Rp700 ribu. Untuk anak sekolah kita putuskan Rp5 ribu. Biar 25 persen dari anak sekolah itu bisa menikmati," kata Luhut.

Lebih lanjut Luhut menjelaskan, aturan itu akan dimatangkan dalam satu bulan ke depan. Pembatasan jumlah pengunjung lewat penetapan tarif naik ke Candi Borobudur, semata-mata untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar