Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Mbah Yono Temukan Seni Patung Sistem Tutul

Mbah Yono menunjukkan patung wajah Gubernur Ganjar 
Pranowo buatannya.
Semarang-Wiyono atau akrab dipanggil Mbah Yono, pematung tanah liat asal Kabupaten Temanggung menemukan teknik unik. Yakni, menggunakan sistem tutul di obyek buatannya. Melalui seni tekstur tutul itu, membuat hasil karya patung wajah tampil sederhana namun indah.

Mbah Yono seniman berusia 77 tahun itu membuat karya patung wajah, berbahan baku tanah liat. Patung wajah tanah liat itu dibuatnya, menggunakan seni tekstur tutul. Hal itu dikatakan saat ditemui di rumahnya di Walitelon Utara Temanggung, baru-baru ini.

Mbah Yono menjelaskan, meski tangannya bergetar karena usia itu tidak menyurutkan semangatnya tetap berkreasi membuat patung wajah. Pola yang dibuat hampir sama dengan teknik membuat patung wajah pada umumnya, namun saat setengah kering obyek kemudian dicocok atau ditutul dalam Bahasa Jawa menggunakan lidi.

Menurutnya, bekas cocokan lidi itu menimbulkan bekas dan memunculkan keindahan tersendiri dari karya buatannya.

"Sebetulnya ide itu saya dapatkan secara tidak sengaja, dalam arti saya waktu itu dapat pesanan membuat patung dari tanah Kumbo Karno dikelilingi kera-kera kecil. Ada bagian yang seharusnya itu lurus, tapi tidak bisa terjangkau sama pisau. Biar itu bisa jadi, saya kemudian tutul-tutul pakai lidi. Terus saya tinggal karena ada keperluan, dan selama beberapa lama saya kembali lagi mau meneruskan. Tapi lihat hasil yang sebelumnya tutul-tutul kok jadi bagus," kata Mbah Yono.

Lebih lanjut Mbah Yono menjelaskan, sebelum menjadi pematung itu dirinya sempat membuat usaha genteng dari tanah liat. Karena krisis moneter pada 1998 silam, membuat usahanya gulung tikar dan mencoba peruntungan membuat karya seni dari tanah liat.

"Saya sudah membuat empat patung wajah tokoh terkenal, dan salah satunya Pak Ganjar," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar