Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pergerakan Harga Komoditas Terus Dipantau

Aktivitas di Pasar Gayamsari Semarang.
Semarang-Kepala Disperindag Jawa Tengah Arif Sambodo mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap pergerakan harga komoditas di pasar, agar tidak terjadi kenaikan yang memberatkan masyarakat. Sejauh ini, harga komoditas kebutuhan masyarakat masih stabil. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Pasar Gayamsari Semarang, Rabu (27/7).

Arif menjelaskan, beberapa komoditas yang sempat mengalami kenaikan harga cukup tinggi saat ini sudah mulai terkendali dan terjadi penurunan. Untuk cabai yang sempat mengalami kenaikan harga cukup tinggi l, dikarenakan faktor cuaca dan jumlah panen tidak sesuai target.

Arif menjelaskan, harga dikatakan terkendali atau sesuai dengan aturan harga eceran tertinggi (HET) apabila memang ada aturannya. Misalnya beras dan minyak goreng, diatur HET yang berlaku di pasaran. Apabila kenaikan harganya kurang atau tidak lebih dari 10 persen, masih dikatakan harga normal.

"Yang pertama pemantauan setiap hari terus menerus. Yang kedua yang menyebabkan inflasi kan cabai dan bawang merah, saat ini sudah musim panen dan cuaca sudah menguntungkan. Sehingga, Insya Allah akan ada. Nanti kami kerja sama dengan dinas yang di hulu untuk melakukan pemantauan dan penyebaran, jangan sampai panen yang ada di daerah kita malah ke daerah lain tapi tidak mencukupi Jawa Tengah dulu. Yang penting mencukupi daerah Jawa Tengah dulu," kata Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, pihaknya tetap melakukan pengawasan di tiap-tiap pasar tradisional di Jateng. Salah satunya, menjaga ketersediaan stok tetap mencukupi bagi kebutuhan masyarakat. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar