Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar Sudah Perintahkab Tim Lakukan Evakuasi

Erupsi Gunung Merapi pada Sabtu 11 Maret 2023.

Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tim tanggap bencana terdiri dari relawan, BPBD dan SAR sudah turun ke lapangan untuk pemetaan dan membantu evakuasi warga di daerah yang terdampak erupsi Gunung Merapi, Sabtu (11/3).

Kebutuhan logistik termasuk masker dan tempat pengungsian juga sudah disiapkan tim di lapangan.

Ganjar menjelaskan, laporan terakhir yang diterimanya menyebutkan ada tiga daerah di Jateng terdampak erupsi Gunung Merapi.

Meliputi Kabupaten Magelang, Klaten dan Boyolali.

Menurut Ganjar, di Kabupaten Magelang meliputi Kecamatan Dukun, Sawangan dan Srumbung sebagai wilayah zona 1.

"Sampai dengan siang tadi mulai ada asap, terus kemudian batu-batu sudah mulai kelihatan. Saya sudah komunikasi sama beberapa kawan-kawan untuk mengecek," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, abu vulkanik mulai turun dan berdampak ke beberapa wilayah.

Tim di lapangan telah diinstruksikan untuk mengutamakan keselamatan warga dan evakuasi harus segera dilakukan jika terjadi peningkatan status.

"Masyarakat agar segera mengevakuasi diri apabila kondisi semakin parah. Pakai maskernya, bawa barang berharga yang pernah dilatihkan. Segera evakuasi diri, ikuti seluruh perintah dari komando yang ada di lapangan," jelasnya.

Diketahui, Gunung Merapi erupsi pada Sabtu (11/3) siang.

Dikutip dari akun Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, guguran awan panas terjadi sekira pukul 12.12 WIB.

Guguran awan panas mengarah ke Kali Bebeng dan Krasak dengan radius bahaya ditetapkan sejauh tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar