Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Rp437 Miliar Disiapkan Untuk Perbaikan Jalan di Jateng

Sejumlah pekerja melakukan perbaikan jalan.

Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menganggarkan Rp437 miliar, untuk program penyelenggaraan jalan pada 2023.

Perbaikan jalan melalui program Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jateng, dilakukan dengan sistem pemeliharaan dan rehabilitasi serta rekonstruksi jalan.

Ganjar menjelaskan, pemeliharaan rutin jalan adalah kegiatan merawat dan memerbaiki kerusakan yang terjadi pada ruas-ruas jalan dengan kondisi pelayanan mantap sesuai Permen PU No. 13/PRT /M/2011.

Sedangkan rehabilitasi adalah pemeliharaan berkala jalan, yakni kegiatan penanganan pencegahan terjadinya kerusakan yang lebih luas dan setiap kerusakan yang diperhitungkan dalam desain agar penurunan kondisi jalan dapat dikembalikan pada kondisi kemantapan sesuai dengan rencana.

Menurutnya, untuk rekonstruksi jalan adalah peningkatan struktur yang dapat meningkatkan kemampuan bagian ruas jalan yang dalam kondisi rusak berat agar bagian jalan tersebut mempunyai kondisi mantap kembali sesuai dengan umur rencana yang ditetapkan.

"Selain pakai anggaran APBD, perbaikan jalan juga dilakukan menggunakan program Hibah Jalan Daerah dan Dana Alokasi Khusus," kata Ganjar, kemarin.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk program Hibah Jalan Daera dan Dana Alokasi Khusus itu adalah Batur-Dieng-Kejajar-Wonosobo sepanjang 2,2 kilometer dengan anggaran Rp15,3 miliar dan Kertek-Kepil-Kemiri panjang tiga kilometer dengan anggaran Rp19,2 miliar serta Magelang-Kaliangkrik-Sapuran panjang 2,3 kilometer dengan anggaran Rp16,4 miliar.

Kemudian juga ada Galih-Ngrampal panjang 1,16 km dengan anggaran Rp9,9 miliar, dan Lasem-Sale sepanjang dua kilometer dengan anggaran Rp17 miliar.

"Dalam pemeliharaan jalan juga melibatkan kelompok masyarakat bina marga serta masyarakat secara langsung melalui kanal aduan aplikasi Jalan Cantik," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar