Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

30 Mahasiswa Diajak PLN Ikut Ekspedisi Papua Terang

Sebanyak 30 mahasiswa UGM akan dikirim ke Papua, untuk mengikuti
Ekspedisi Papua Terang yang diselenggarakan PLN. Foto: ISTIMEWA 
Semarang-Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) diajak PLN, tergabung dalam program Ekspedisi Papua Terang. Para mahasiswa yang dikirim itu berasal dari bermacam fakultas. Mulai dari Fakultas Teknik, MIPA, Ilmu Budaya dan Fakultas Filsafat yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UGM. 

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr mengatakan Ekpedisi Papua Terang merupakan upaya PLN yang bersinergi dengan stakeholder, untuk mewujudkan percepatan pemerataan pembangunan di Indonesia Timur. Yakni dalam upaya elektrifikasi desa-desa di Papua. Sebab, saat ini rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat masih sekira 53,62 persen.

Djagal menyatakan, PLN menggandeng UGM untuk melaksanakan Program Listrik Desa, agar semakin banyak daerah di Indonesia mendapatkan layanan listrik.

"Untuk memertahankan Papua, kita harus membangun secara cepat, sehingga masyarakat Papua tidak merasa dianaktirikan. Sekarang pemerintah sedang membangun infrastuktur yang baik di sana, mulai dari jalan, pelabuhan dan bandara. Sekarang disusul kelistrikan melalui program Papua Terang. Ini merupakan suatu langkah yang sangat positif," kata Djagal dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com

Mahasiswa UGM yang akan dikirim ke Papua. 
Lebih lanjut Djagal menjelaskan, kepada mahasiswa yang dikirim ke Papua sebagai peserta ekspedisi, harus segera beradaptasi. Baik lingkungan maupun budayanya. 

Nantinya, ke-30 mahasiswa UGM itu akan bergabung dengan tim lainnya dari kampus berbeda di seluruh Indonesia. Totalnya mencapai 165 mahasiea dari lima perguruan tinggi. Yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, UGM, Institute Teknologi Sepuluh November dan Univeristas Cenderawasih.

Para mahasiswa itu akan bergabung dengan 130 relawan dari PLN. Peserta Ekspedisi Papua Terang akan melakukan survei geografi, demografi, potensi energi baru terbarukan maupun sistem jaringan evakuasi daya di 415 desa di 24 kabupaten di Papua dan satu kabupaten di Papua Barat. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar