Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Arfian: 80 Persen Penyakit Jantung Dipengaruhi Gaya Hidup

Sejumlah anak muda di Kabupaten Sukoharjo aktif berolahraga untuk
menjaga kebugaran tubuh, agar tidak mudah terkena penyakit. 
Semarang-Gaya hidup dan perilaku diri sendiri, bisa menjadi penentu kesehatan seseorang. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinas Kesehatan Jawa Tengah Arfian Nevi mengatakan setiap tahun, setidaknya ada 10-15 persen peningkatan angka pengidap penyakit tidak menular. Penyakit jantung adalah yang berada di urutan teratas, kemudian disusul kanker, diabetes dan stroke.

Menurutnya, Dinkes Jateng selalu melakukan imbauan kepada masyarakat, agar tergerak melakukan gaya hidup yang sehat. Yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga.

Oleh karena itu, jelas Arfian, selalu rutin memeriksakan kesehatan adalah upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

"Kalau kita lihat faktor risikonya, 80 persen itu penyebabnya karena gaya hidup dan perilaku diri sendiri. Beda dengan penyakit menular yang faktor penyebabnya lingkungan, dan perilaku eksternal. Misalnya DB, kalau rumah kita bersih tapi tetangga ada yang kena ya kita bisa kena juga," kata Arfian, baru-baru ini.

Lebih lanjut Arfian menjelaskan, sosialisas untuk mengubah perilaku masyarakat ke gaya hidup sehat tidak mudah. Karena, masyarakat sekarang lebih menyukai mengonsumsi makanan yang instan.

"Kami mendorong masyarakat, gemar makan buah dan sayur," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Jateng Agus Tri Cahyono menambahkan, upaya yang saat ini gencar dilakukan adalah program Germas. Yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Melalui kegiatan penyuluhan kepada masyarakat, diharapkan bisa mengarahkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat," ucap Agus. (K-08) 

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar