Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jasa Marga Siapkan Tempat Untuk Pelaku UMKM di 30 Rest Area

Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau Rest Area 597B. Foto: IST
Semarang-Jasa Marga melalui kelompok usahanya Jasamarga Properti, akan mengelola 30 tempat istirahat dan pelayananan atau lebih dikenal dengan rest area di ruas jalan tol Tran Jawa. Dari 30 rest area yang dikelola Jasa Marga, akan menyediakan lahan khusus bagi para UMKM di daerah sekitar.

Menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi Rest Area 597B dalam rangka Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa didampingi Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan lahan untuk pelaku UMKM di rest area itu, guna mewujudkan keberadaan jalan tol yang turut mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Sesuai aturan yang berlaku, maka Jasa Marga akan menyiapkan 30 persen areal komersil di rest area untuk UMKM. Dan itu memang diutamakan bagi warga sekitar. Hal itu bertujuan, untuk memacu roda perekonomian masyarakat setempat," kata Rini dikutip dari rilis ,Senin (12/11) kemarin.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, dengan melibatkan pelaku UMKM bisa berjualan di rest area, maka potensi ekonomi daerah sekitar juga bisa terangkat. Masyarakat pengguna jalan tol juta tidak kesulitan, ketika menginginkan membeli oleh-oleh.

Sementara itu, Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan menambahkan, sebanyak 30 rest area yang menyediakan lahan khusus bagi UMKM tersebut, akan disebar di sejumlah jalan tol yang dikelola Jasa Marga maupun kelompok usahanya.

"Jalan tol dimaksud adalah Jalan Tol Purbaleunyi, Palikanci, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Gempol-Pasuruan, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung," ujar Sofyan.

Menurutnya, sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Tempat istirahat dan Pelayanan pada jalan tol, rest area di jalan tol yang telah beroperasi disediakan lahan untuk UMKM dan koperasi sebanyak 20 persen. Sedangkan untuk jalan tol baru, penyediaan lahannya sebesar 30 persen.

Jasamarga Properti, lanjut Sofyan, telah mengalokasikan komposisi tenant melalui desain yang telah dipersyaratkan Peraturan Menteri PUPR tersebut. Jasa Marga juga terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol, dengan memaksimalkan rest area sebagai tempat untuk mengembangkan UMKM rintisannya.

"Untuk rest area yang secara khusus berkonsep UMKM sedang dibangun di KM 360B jalan tol Batang-Semarang. Rest area itu merupakan joint venture antara PT PP, PT PP Properti, Jasamarga Properti dan PTPN IX. Rencananya, rest area itu akan memiliki alokasi tenant hingga 70 persen untuk UMKM," ucapnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV belum lama ini meminta, agar pelaku UMKM diberi ruang di rest area jalan tol. Terutama untuk pelaku UMKM kuliner, kerajinan hingga oleh-oleh. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar