Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Minta Sektor Swasta Ikut Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

Anggota Sampoerna Retail Community menggelar pertemuan di TBRS
dan saling berbagi pengalaman soal peningkatan kesejahteraan, Rabu
(14/11).
Semarang-Pemprov Jawa Tengah mendorong kepada sektor swasta atau pengusaha, agar ikut memberdayakan dan mengelola ekonomi kerakyatan di provinsi ini. Hal itu dikatakan Gubernur Ganjar Pranowo, usai membuka pertemuan pengusaha ritel tradisional yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC) di Taman Budaya Raden Saleh, Rabu (14/11).

Menurutnya, dengan keterlibatan sektor swasta untuk ikut memberdayakan ekonomi kerakyatan, maka menjadi solusi tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama para pelaku UMKM di provinsi ini.

Ganjar menjelaskan, sektor usaha ritel tradisional di Jateng pertumbuhannya sangat pesat. Bahkan, tidak jarang pelaku ritel tradisional kesulitan mendapatkan akses permodalan ke perbankan.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, dengan keterlibatan sektor swasta ikut memberdayakan ekonomi kerakyatan, diharapkan pelaku ritel mendapat akses permodalan dan pendampingan untuk mengembangkan usahanya.

"Kita ingin mencoba mengawinkan antara kekuatan atau potensi yang ada di Jawa Tengah, agar mereka bisa mendampingi pedagang kecil. Nah, Sampoerna kita ajak untuk membantu mereka. Terutama, soal akses permodalannya," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan zaman yang sudah berubah, maka pola pendampingan kepada pelaku UMKM juga ikut menyesuaiakan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Emma Rachmawati menambahkan, dengan melibatkan sektor swasta, maka pihaknya bisa lebih fokus lagi mendampingi pelaku UMKM lain yang belum tersentuh permodalan.

"Mulai dari yang tokonya jelek banget, sehingga kemudian menjadi bagus. Terus bagaimana pengelolaan keuangan dan manajemen usaha serta bagaimana membina pelanggan," ujarnya.

Emma berharap, dari kumpulan pedagang ritel tradisional ini nantinya juga bisa membuat koperasi usaha. Sehingga, mampu menambah kesejahteraan bagi anggotanya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar