Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Menteri ESDM Pastikan Pasokan Listrik di Jateng-DIY Selama Nataru Aman

Menteri ESDM Ignasius Jonan (kiri) saat meninjau PLN APB Ungaran,
kemarin.
Semarang-Memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), pasokan listrik yang ada di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta dipastikan tetap aman dan tidak terjadi pemadaman listrik tidak terencana. Hal itu dipastikan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat meninjau PLN Area Pengatur Beban (APB) Jateng-DIY di Ungaran, Kamis (13/12) kemarin.

Menurutnya, peninjauan itu dilakukan untuk memastikan pasokan listrik saat liburan Nataru tidak ada kendala yang bisa merugikan masyarakat. 

Jonan menjelaskan, pihaknya meminta kepada jajaran PLN, untuk selalu memantau dan memastikan pasokan listrik di Jateng-DIY aman. Sebab, kedua wilayah itu merupakan daerah wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur Nataru.

"Persoalan listrik yang akan digunakan untuk kegiatan operasi Natal dan Tahun Baru. Biasanya memang kalau daerah wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dilihat pasokannya cukup engga. Menurut temen-temen PLN, banyak industri besar yang mungkin akan mengurangi aktivitasnya dan bisa digunakan untuk tambahan beban lain," kata Jonan.

Lebih lanjut Jonan menjelaskan, dengan melihat kesiapan pasokan listrik di interkoneksi Jawa-Bali diharapkan bisa mengetahui jumlah cadangan listrik untuk libur Nataru.

"Biasanya kan banyak industri besar yang meliburkan karyawannya menjelang akhir tahun, mestinya ada pengurangan beban. Katanya sih, tradisinya berkurang sekitar 30 persen. Jadi tidak ada masalah, dan secara nasional juga relatif tidak ada masalah," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin menyatakan selama menghadapi liburan Nataru, pihaknya sudah menyiagakan petugas di gardu induk.

"Petugas jaga selalu ada, tapi pada Nataru tidak ada pemeliharaan. Biasanya H-5 dan H+5. Jadi, tanggal 20 Desember itu terakhir pemeliharaan untuk jaringan dan dilakukan lagi pada 5 Januari 2019," ujar Amir. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar