Minggu, 30 Desember 2018

Perempuan Sadar Kesehatan Reproduksi Ikut Awasi Pemilu 2019

Semarang-Dalam rangka ikut melakukan pengawasan pemilu di tahun politik 2019, para perempuan yang tergabung di Forum Kesetaraan dan Keadilan Gender (FKKG) Jawa Tengah bekerjasama dengan Bawaslu turut mengampanyekan pengawasan di Pemilu 2019.

Ketuai FKKG Jateng Indra Kertati mengatakan kaum perempuan, juga perlu dilibatkan dan terlibat secara aktif, dalam pengawasan jalannya Pemilu 2019. Kehadiran perempuan untuk mengawasi pemilu, agar tidak keliru memilih calon dan memantau kejujuran pelaksanaan Pemilu 2019.

"Bahwa pemilu harus sukses menyejahterakan perempuan, sebagai lambang kemakmuran. Perempuan sebagai ibu yang mendasari kebahagiaan keluarga, bagian terkecil sebuah negara," kata Indra baru-baru ini.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng Rofiuddin menambahkan, kalangan perempuan juga memiliki peran aktif untuk mengawasi semua tahapan Pemilu 2019. Sehingga, dengan FKKG Jateng, melakukan upaya sosialisasi pengawasan partisipatif kepada ibu-ibu pedagang di Pasar Karangayu Semarang.

Menurutnya, sosialisasi pengawasan tahapan pemilu yang diberikan kepada ibu-ibu pedagang dianggap penting. Sebab, yang bersangkutan sering bertemu atau berkomunikasi dengan berbagai kalangan. Termasuk, para calon anggota legislatif (caleg) atau calon presiden dan wakil presiden yang melakukan kampanye di pasar.

"Ibu-ibu pedagang punya peranan yang sangat penting pada pemilu mendatang, karena selain pemilih, mereka juga bisa menjadi pengawas pesta demokrasi. Mereka bergelut dengan banyak orang hampir tiap hari, sehingga arus informasi tentang apapun di pasar sangat luar biasa," ujarnya.

Oleh karena itu, jelas Rofi, Bawaslu Jateng berharap ibu-ibu pedagang dalam menentukan pilihan politiknya mendatang bisa independen dan mandiri. Serta, mau melaporkan berbagai pelanggaran pemilu yang diketahuinya.

     "Pemilu 2019 sangat penting, karena yang dipilih adalah kepala negara dan wakil rakyat. Kita harus hati-hati dalam menentukan pilihan," tandasnya. (K-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar