Minggu, 22 April 2018

Hino Buat Service Point di Terminal Tirtonadi Guna Maksimalkan Operasional Bus

Sebuah armada bus angkutan umum usai menjalani pemeriksaan di
Hino Service Point di Terminal Tirtonadi. Foto: ISTIMEWA 
Surakarta-Guna membantu memaksimalkan operasional bus-bus yang ada di Terminal Tirtonad Solo, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) membuka Hino Service Points. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan perawatan berkala dan perbaikan ringan. Mulai dari pengecekan dan perbaikan sistem rem dan sistem kopling bagi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) yang masuk ke areal Terminal Tirtonadi.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI 
Santiko Wardoyo mengatakan bengkel perawatan Hino beroperasi di bawah kendali diler resmi Hino wilayah Jawa Tengah, yakni PT Duta Cemerlang Motors (DCM). 

Hino Service Point tersebut, jelas Santiko, dilengkapi dengan empat bay service yang mampu menampung empat bus sekaligus dan dilakukan empat orang mekanik Hino yang sudah terlatih.

Selain itu, Hino Service Point juga dilengkapi dengan warehouse untuk 672 suku cadang asli Hino dan juga service car yang dilengkapi dengan tool set yang siap membantu kendaraan Hino di manapun.

Santiko menjelaskan, Hino Service point merupakan bentuk pelayanan dan tanggung jawab kepada perusahaan otobus sebagai customer setia. 

"Melalui Hino Service Point, kami jemput bola di terminal-terminal untuk membantu perawatan dan perbaikan ringan, sehingga bus terus aman dikendarai dan keselamatan penumpang bisa terus terjaga," kata Santiko dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com saat meresmikan Hino Service Point di Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (21/4).

Lebih lanjut Santiko menjelaskan, Hino Service Point merupakan bentuk sinergi antara Kementerian Perhubungan dan Hino untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan bagi pengendara dan penumpang angkutan Bus. Sebab, dengan service point ini bisa memermudah perawatan berkala kendaraan guna mencegah kerusakan saat di jalan dan meminimalkan kecelakaan.

"Dengan adanya Hino service Point ini, memudahkan pengusaha bus untuk melaksanakan kelaikan kendaraan atau ramp check armada mereka di terminal. Ramp check sendiri difokuskan pada tiga unsur penting, yaitu administrasi, teknis dan penunjang. Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi sudah menanti para pelanggar," ujarnya. 

Dengan sinergitas antara Hino dan Kementerian Perhubungan, lanjut Santiko, maka pihaknya berharap masyarakat bisa menggunakan bus sebagai transportasi yang aman dan nyaman. (K-08) 

KPU Jateng Siapkan Alat Bantu Untuk Pemilih Tuna Netra

Joko Purnomo
Ketua KPU Jawa Tengah
Semarang-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah sudah menetapkan, jika jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 sebanyak 63.974 TPS.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan pihaknya sudah melkukan pemetaan dan identifikasi, terhadap para pemilih di provinsi ini yang menyandang disabilitas. Tujuannya, agar bisa mengetahui kebutuhan yang diperlukan para pemilih difabel saat akan menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

Menurutnya, yang sudah dilakukan di setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pemilihan umum (pemilu) adalah penyediaan alat bantu untuk pemilih tuna netra. 

Joko menjelaskan, ada 63 ribu template yang disiapkan untuk membantu para pemilih tuna netra menggunakan hak piilihnya di bilik suara. Template dianggap cukup membantu para pemilih tuna netra, karena pemilih cukup meraba untuk menentukan angka dan kemudian mencoblosnya. 

"Khusus untuk tuna netra, kita akan buatkan template. Nanti surat suara dimasukkan di template dan pemilih tuna netra bisa menggunakannya. Kenapa tidak menggunakan huruf braile? Karena tidak semua penyandang tuna netra itu sudah belajar huruf braile, sehingga malah kesulitan. Dengan template lebih mudah, itu sudah kita simulasikan sejak 2004," kata Joko.

Nantinya, lanjut Joko, setiap TPS akan disediakan satu template walau di lokasi tersebut tidak terdapat pemilih tuna netranya.

Selain fasilitasi bagi pemilih tuna netra, KPU Jateng juga memberikan fasilitas lainnya bagi penyandang disabilitas pada umumnya. Misalnya jika terdapat pemilih yang memakai kursi roda, maka lokasi TPS diarahkan tidak sulit dijangkau.

"Nanti biliknya juga dibuat khusus, mejanya lebih pendek," pungkas Joko. (K-08) 

Para Ketum Partai Berebut Kursi Cawapres Jokowi

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (jongkok) menunjukkan sebuah
lukisan Soekarno dan Gusdur di Posko Join di Semarang. 
Semarang-Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang akan menjadi ajang perebutan kursi calon wakil presiden (cawapres). Terutama, untuk mendampingi Joko Widodo.

Salah satu yang akan berebut kursi cawapres adalah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Upaya yang dilakukan ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dengan membuka posko Join atau Jokowi Imin di sejumlah kota di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Jember, Lumajang dan Semarang.

Menurut Cak Imin, posisi yang sedang diincarnya adalah cawapres Jokowi. Namun demikian ia sadar, jika politik dinamis dan berkembang.  

"Kalau tidak dipilih Jokowi terus patah hati. Orang patah hati tentu masuk kamar dulu, kunci kamar rapat-rapat. Baru setelah sembuh sakit hatinya, kita bicara lagi," kata Cak Imin di Semarang.

Terpisah, Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyatakan sampai dengan saat ini dirinya sering diajak berdiskusi dengan Jokowi membahas soal cawapres 2019 mendatang.

Namun, dirinya masih berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syariah Mbah Moen dan pandangan ulama lainnya bila ingin maju menjadi cawapres mendampingi Jokowi.

Hanya saja, jelas Romi, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk memilih siapa yang berhak mendampinginya. 

"Nah, soal siapa nanti yang akan dipilih menjadi calon wakil presiden, PPP menyerahkan kepada Pak Jokowi sesuai dengan dengan kriteria-kriteria yang sudah saya sampaikan. Soal siapa personalnya, siapa namanya, itu sepenuhnya wewenang Pak Jokowi. Pada saatnya nanti akan dibahas oleh partai-partai koalisi pengusung," ujarnya.

Lebih lanjut Romi menjelaskan, pihaknya sudah menyampaikan aspirasi kepada Jokowi terkait dengan kriteria cawapres bagi petahana. Yakni memiliki kompetensi integritas dan aspiratif, santun, santri, berilmuu dan berjiwa ulama. Selain itu, memiliki keberpihakan kepada rakyat kecil. (K-08)

BNN Kejar TPPU Triliunan Peredaran Narkotika di Indonesia

Irjen Pol Arman Depari, 
Deputi Bidang pemberantasan BNN
Semarang-Badan Narkotika Nasional (BNN) saat ini sedang menangani dua kasus peredaran narkoba di Indonesia, dan merupakan jaringan internasional. Kedua kasus itu disebut bernilai belasan triliun rupiah, dan uang hasil peredaran narkoba dalam negeri dibawa lari ke sejumlah negara.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari mengatakan saat ini pihaknya terus memburu para pelaku, termasuk juga uang hasil tindak pidana peredaran narkoba.

Bahkan, untuk bisa memburu aset atau uang hasil transaksi dari peredaran narkoba tersebut, jelas Depari, BNN juga sedang menjalin kerja sama dengan negara-negara yang disebut sebagai negara dalam tanda kutip penerima aliran dana dari kejahatan narkoba yang terjadi di Indonesia. 

Meskipun masih dalam tahap pencarian, jelas Depari, pihaknya optimistis jika uang belasan triliun rupiah hasil kejahatan narkoba di Indonesia bisa dibawa kembali.

"Memang yang menjadi fokus kita di samping tindak pidana asal, yaitu narkotik, kita akan melakukan penyidikan terhadap tindak pidana pencucian uang atau TPPU. Apa maksudnya, salah satu yang menjadi tujuan para bandar atau sindikat mengedarkan narkoba adalah untuk mengambil keuntungan. Mereka menganggap ini adalah bisnis yang sangat besar dan cepat membei keuntungan bagi mereka," kata Depari di Semarang.

Biasanya, lanjut Depari, uang hasil narkoba akan digunakan para bandar atau sindikat untuk menjalankan operasi kejahatan. Sehingga, dengan mengejar tindak pidana penyertanya, yaitu TPPU, maka bisa memberantas peredaran narkotika di dalam negeri.

"Dengan menyita aset para pelaku dan membuat mereka miskin, maka mereka tidak lagi bisa menjalankan bisnis narkobanya," pungkasnya. (K-08)

Industri Otomotif Dalam Negeri Bagus, BCA Fokus Garap Kredit Pemilikan Kendaraan Bermotor

Seorang pengunjung sedang melakukan transaksi di salah satu stand
yang ada di BCA Expo 2018 di Semarang.
Semarang-Perkembangan pasar otomotif dalam negeri, baik mobil ataupun sepeda motor sedang mengalami pertumbuhan yang bagus. Bahkan, produsen otomotif setiap mengeluarkan produk baru selalu laku di pasaran.

Kondisi market otomotif dalam negeri yang sedang berkembang itu, mendorong BCA serius untuk menggarap pasar kredit kepemilikan kendaraan bermotor atau KKB.

Kepala Kantor Wilayah BCA Wilayah II Jateng-DIY Gunawan Budi Santoso mengatakan selama ini, sekira 10 persen pembiayaan atau kredit yang dikelola BCA disumbang dari kredit kendaraan bermotor. Yakni pembelian mobil. 

Suku bunga yang ditawarkan, jelas Gunawan, cukup kompetitif. Yakni tak lebih dari 3,5 persen per tahunnya. Bahkan, saat menggelar event tahunan BCA Expo, kredit yang ditawarkan bisa lebih rendah lagi. Antara 3,35 persen sampai 3,75 persen.

Oleh karena itu, jelas Gunawan, pihaknya akan serius di dalam menggarap pasar kredit kepemilikan kendaraan bermotor di samping kredit perumahan.

"Pasar mobil di Indonesia pada awal tahun ini lagi bagus, walaupun ada beberapa yang bilang juga susah. Tapi dengan banyaknya muncul mobil baru, jadi indikatornya cukup baik. BCA juga ada kredit motor, ini juga segmen yang sangat potensial dan bisa digarap maksimal," kata Gunawan.

Sementara, saat pembukaan BCA Expo 2018 di Marina Convention Center (MCC) Semarang pada 21-22 April kemarin, Direktur BCA Finance Petrus Karim menambahkan, pihaknya mencoba memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada nasabah atau masyarakat umum. Bahkan, saat pameran bunga yang diberikan cukup kompetitif dan tidak memerlukan syarat apapun.

"Minimum uang mukanya sangat rendah, yakni hanya Rp5 juta saja. Tahun lalu, kredit pemilikan kendaraan lewat event bisa sampai Rp600 miliar," ujarnya. (K-08)