Rabu, 22 Agustus 2018

Pertamina Bagi Daging Kurban ke 2 Ribu Mustahiq

GM Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto menyerahkan bingkisan
daging kurban kepada masyarakat sekitar kantor, Rabu (22/8). 
Semarang-Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV menyembelih 12 ekor sapi dan dan tiga ekor kambing, yang merupakan kurban dari para pegawai. 

General Manager Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto dalam rilis mengatakan pada perayaan Idul Adha kali ini, sama dengan tahun sebelumnya dengan menggelar salat id di lapangan kantor unit dan diikuti sebagian pekerja dan keluarga serta masyarakat sekitar. Sedangkan proses penyembelihan hewan kurban, dilakukan di rumah Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron. 

Sementara, jelas Yanuar, pendistribusian daging kurban ke seluruh wilayah Kota Semarang. Yakni Sekayu, Genuk, Tembalang, Penggaron, Ngaliyan dan Gunungpati.

"Pembagian daging kurban kepada masyarakat merupakan bukti, bahwa Pertamina selalu memerhatikan masyarakat sekitar, khususnya masyarakat di ring I. Harapan kami, semoga daging kurban yang kami berikan kepada mustahiq di wilayah tersebut bisa bermanfaat," kata Yanuar.

Ketua Pelaksana Idul Adha dan Kurban 2018 Henry Eko Purwanto menambahkan, pendistribusian daging hewan kurban selain di masyarakat ring I juga dibagikan ke yayasan atau masjid serta musala di Kota Semarang. Dari hasil pendataan, sebanyak dua ribu mustahiq akan mendapat daging hewan kurban. Di samping itu, juga ada 63 yayasan dan masjid/musala di wilayah Semarang sebanyak 26 masjid/musala dan 12  pondok pesantren serta 25 majelis taklim. 

"Kami siapkan sapi dan kambing dari pekerja MOR IV yang berniat melakukan kurban, dan tergabung dalam organisasi BDI Pertamina. Alhamdulillah, sudah terkumpul 12 sapi dan tiga kambing," ujarnya. (K-08) 

Jasa Marga Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok

Relawan Jasa Marga sedang menghibur anak-anak Lombok korban
gempa bumi di pengungsian. Foto: ISTIMEWA 
Semarang-Jasa Marga menyalurkan bantuan sebesar Rp322,5 juta kepada korban bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan yang disalurkan berupa keperluan logistik, makanan siap saji, selimut, perlengkapan tidur dan perlengkapan sekolah. Bahkan, juga ada bantuan bola kaki, bola basket, bola voli, bola futsal, dan mukena untuk kegiatan trauma healing bagi korban bencana. 

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan sejak pemberlakuan tanggap darurat, pihaknya secara aktif telah menerjunkan tim ke lokasi terdampak bencana. Tim yang terlibat dalam kegiatan tersebut merupakan anggota terpilih dan terlatih, dari Jasamarga Pecinta Alam (Jasmapala). Para relawan itu telah memiliki pengalaman dalam penanganan bencana alam.

Menurutnya, dua tim telah diturunkan ke lokasi bencana di Lombok. Selain melakukan distribusi bantuan, tim Jasmapala juga melakukan trauma healing bagi korban bencana dan pembersihan puing-puing bangunan. Termasuk, pembangunan sanitasi darurat di Desa Medas Baru, Lombok Barat.

Masing-masing tim Jasmapala yang diterjunkan, jelas Heru, sekaligus untuk menyalurkan bantuan kepada para korban bencana. 

"Partisipasi Jasa Marga merupakan bentuk dari Jasa Marga Peduli sebagai BUMN yang turut aktif hadir dalam keadaan darurat, seperti yang terjadi di Lombok. Dalam menyalurkan bantuan ini, tim Jasmapala juga berkoordinasi secara intens dengan Posko BUMN Peduli Gempa Lombok yang berada di Kantor Area Bank Mandiri," kata Heru dikutip dari rilis.

Dirinya berharap, bantuan yang diberikan bisa membantu warga Lombok untuk tetap bertahap memenuhi kebutuhan di pengungsian. (K-08) 

BPJS Kesehatan Semarang Tambah Apotek Pengampu Atasi Kekosongan Obat Program Rujuk Balik

Kepala BPJS Kesehatan Semarang Bimantor menyebut, ada tiga
apotek pengampu tambahan untuk peserta Program Rujuk Balik.
Semarang-BPJS Kesehatan Cabang Semarang memerluas pelayanan obat bagi peserta Program Rujuk Balik (PRB), dengan menambah tiga apotek PRB.

Penambahan tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan Apotek Kimia Farma 71 Semarang di Jalan Dr. Soetomo Nomor 3 Semarang, Apotek Kimia Farma 18 Semarang Jalan Pemuda Nomor 135 Semarang dan Apotek Kimia Farma 324 Semarang di Villa Ngalian Permai Bl B/1 Ngaliyan Ngaliyan Semarang.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang Bimantoro mengatakan sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2017, BPJS Kesehatan dalam menjalankan program JKN-KIS wajib meningkatkan jumlah kerja sama dengan apotek yang memenuhi persyaratan untuk menjamin ketersediaan obat PRB.

Dalam rilis Bimo, panggilan akrabnya menjelaskan, sampai dengan saat ini BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang telah bekerjasama dengan delapan apotek PRB di Kota Semarang dan lima apotek PRB di Kabupaten Demak. 

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang, jelas Bimo, tercatat jumlah peserta dengan sembilan penyakit yang masuk dalam PRB. Di antaranya diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung, epilepsi, stroke dan lupus. Sedangkan jumlah peserta PRB pada 2016 sebanyak 50.734, dan di 2017 menjadi 59.445 peserta. Sementara pada semester I 2018, jumlahnya telah mencapai 62.923 peserta.

"Tren peningkatan jumlah peserta Program Rujuk Balik saat ini sangat pesat, sudah mencapai lebih dari 62 ribu. Sehingga  kami perlu menambah kerja sama dengan apotek rujukan lainnya," kata Bimo. 

Lebih lanjut Bimo menjelaskan, dengan peningkatan jumlah peserta PRB itu, maka diperlukan perhatian khusus. Sehingga, dengan penambahan kerja sama bisa meminimalkan potensi terjadinya kekosongan obat di fasilitas kesehatan tingkat primer.

"Apotek Kimia Farma telah berkomitmen untuk menyelenggarakan apotek pengampu, apabila terjadi kekosongan obat. Dengan harapan, jika terjadi kekosongan obat pada peserta PRB, maka bisa mengambil obat yang diresepkan ke apotek pengampu dengan membawa pengantar dari apotek asal," tandasnya. (K-08) 

Smartfren Berikan Kuota 25 GB lewat Edisi Merah Putih

Seorang pegawai menunjukkan modem
Smartfren Edisi Merah Putih. Foto: IST
Semarang-Setiap pengisian ulang minimal Rp60 ribu, maka pelanggan berhak atas kuota internet sebesar 25 GB. Paket tersebut diberikan Smartfren, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. 

Head of Device Planning Smartfren Hendy Hartono dalam rilis mengatakan pihaknya memberikan paket "Merdeka Kuota" kepada pelanggannya, dengan Smartfren Modem WiFi Edisi Merah Putih. 

Menurutnya, dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, pihaknya menghadirkan modem WiFi edisi khusus. Smartfren modem WiFi Edisi Merah Putih tampil nasionalis, dengan baluran warna jati diri bangsa Indonesia. 

Hendy menjelaskan, Smartfren juga memberikan program merdeka 
kuota kepada pelanggan yang mengisi ulang pulsanya minimal Rp60 ribu dan langsung mendapatkan kuota internet full 4G LTE sebesar 25 GB.

"Memeriahkan HUT Kemerdekaan, Smartfren menghadirkan modem 
WiFi khusus nasionalis edisi spesial Merah Putih. Kami juga memberikan kesempatan bagi para konsumen, untuk bisa merasakan kuota full 4G LTE dari Smartfren sebesar 25 GB," kata Hendy. 

Lebih lanjut Hendy menjelaskan, Smartfren modem WiFi Edisi Merah Putih adalah tipe modem WiFi Smartfren M3Y yang paling laris. Mengadopsi teknologi CAT4 yang bisa menghadirkan kecepatan internet kencang dan stabil, produk ini memungkinkan streaming video tanpa buffering, game online lebih 
nyaman, download lebih cepat dan akan mendukung produktivitas dengan baik.

"Produk ini juga menggunakan chipset dari Qualcomm, dan bisa digunakan sebagai wireless storage serta dukungan baterai sebesar 3000 mAh. Meski hadir dalam edisi khusus dan dilengkapi dengan segala keunggulan, Smartfren modem WiFi Edisi Merah Putih hadir 
dengan harga Rp439 ribu," tandasnya. (K-08)