Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Pusat Minta Kepala Perwakilan BI Jateng Tingkatkan Sektor Manufaktur Sebagai Penyangga Ekonomi

Deputi Gubernur BI Sugeng (kanan) meminta kepala Perwakilan BI
Jateng yang baru bisa melakukan penguatan sektor manufaktur.
Semarang-Jawa Tengah menjadi provinsi yang dinilai cukup bagus pertumbuhan ekonominya, dan laju inflasi juga tetap terjaga dengan baik. Pada 2018 kemarin, pertumbuhan ekonomi Jateng sebesar 5,32 persen dan menguat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 5,26 persen.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng mengatakan pada tahun kemarin penuh dengan tantangan, dan Indonesia bisa melaluinya dengan pertumbuhan ekonomi cukup baik. Pertumbuhan ekonomi secara nasional sebesar 5,17 persen dan tertinggi dalam lima tahun terakhir. Hal itu dikatakannya ketika memimpin serah terima jabatan Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng dari Hamid Ponco Wibowo ke Soekowardojo, Jumat (15/3).

Menurutnya, kepala Kantor Perwakilan BI Jateng yang baru memiliki tantangan berat di dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di provinsi ini.

Sugeng menjelaskan, dengan pengalamannya memimpin Kantor Perwakilan BI Manado bisa diterapkan di Jateng untuk membantu tugas-tugas Pemprov Jateng di dalam mengembangkan sektor manufaktur. 

"Jawa Tengah produk utamanya manufaktur, ini yang sangat penting. Kami memerintahkan kepada Pak Soekowardojo, bagaimana bisa mengembangkan manufaktur. Karena manufaktur bisa lebih fleksibel, harganya tidak tergantung internasional seperti natural resources. Kalau manufaktur kita bisa melakukan terobosan, misal kerja sama perdagangan ke India. Sebab, kompetitor kita China dan Vietnam," kata Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, khusus untuk Hamid Ponco Wibowo yang pindah tugas sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta diucapkan terima kasih karena sudah mampu menjalankan kerja dengan baik di wilayah Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, BI merupakan mitra Pemprov Jateng di dalam menekan laju inflasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dengan sinergi yang baik selama ini, bisa diteruskan pejabat baru nantinya.

"BI juga memberi banyak dukungan kepada kita, dengan perbaikan sistem informasi dan asistensi serta pengelolaan isu-isu ekonomi. Ini yang bisa mendorong para petani kita, bagaimana mereka bisa menunda jual lewat teknologi ozone holtikultura," ujar Ganjar.

Ganjar menyatakan, masih banyak hal yang bisa diaplikasikan untuk masyarakat Jateng dari Kantor Perwakilan BI di provinsi ini. Terutama, dalam hal meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen lewat teknologi terapan yang diberikan BI. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar