|

25 Ribu Mangrove Ditanam di Kawasan Pantai Kartika Jaya Kendal

Gubernur Ganjar Pranowo menanam mangrove di Pantai Kartika Jaya
di Patebon, Kabupaten Kendal.
Kendal-Kawasan hutan mangrove di Pantai Kartika Jaya, Patebon, Kabupaten Kendal yang memprihatinkan mulai diperbaiki masyarakat sekitar bersama jajaran keluarga alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), TNI/Polri dan juga anggota Pramuka serta relawan. Sebanyak 25 ribu tanaman mangrove dan cemara laut, ditanam di sekitar Pantai Kartika Jaya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penanaman mangrove dan cemara laut di Pantai Kartika Jaya Kendal ini, sebagai salah satu upaya melakukan reboisasi karena kondisinya yang memprihatinkan. Tanaman mangrove dan cemara laut yang ditanam itu, diharapkan akan mempunyai banyak manfaat. Terutama, dalam hal sebagai rumah bagi berbagai jenis ikan.

Menurutnya, mangrove akan menjadi sumber pakan yang banyak bagi ikan berkembang biak.

Ganjar menjelaskan, masyarakat sekitar diharapkan bisa merawat dan menjaga kelestarian dari mangrove dan juga cemara laut yang sudah ditanam. 

"Kita melakukan reboisasi. Kita tanam mangrove dan cemara laut. Ada harapan, mangrove ini nanti punya fungsi yang banyak. Salah satunya jadi sumber makanan bagi ikan, ikannya jadi banyak. Mangrove juga bisa dipakai sebagai bahan pewarna batik," kata Ganjar, Kamis (11/4) kemarin.

Ganjar menjelaskan, manfaat lain yang bisa didapatkan dari tanaman mangrove adalah bisa digunakan sebagai bahan pewarna batik. Karena, banyak pelaku usaha batik yang telah menggunakan mangrove sebagai bahan pewarna alami.

"Hampir semua pewarna batik alami itu pakai mangrove. Selain ramah lingkungan, harganya juga tidak mahal. Mangrove juga bisa diolah jadi sirup atau kerupuk," jelasnya.

Bupati Kendal Mirna Annisa menambahkan, dengan penanaman mangrove dan juga cemara laut bisa mengembalikan keindahan kawasan Pantai Kartika Jaya Palebon. Sehingga, bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang.

"Nanti kita bisa buatkan wisata track mangrove sebagai daya tarik di Pantai Kartika Jaya. Dengan demikian, akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," ujar Mirna.

Diketahui, Pantai Kartika Jaya sempat ramai dikunjungi wisatawan karena adanya obyek wisata pulau tiban. Pulau tiban merupakan daratan yang terbentuk di tengah laut, dan semakin lama semakin memanjang. (K-08)

Posted by kilas9.com on Jumat, April 12, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "25 Ribu Mangrove Ditanam di Kawasan Pantai Kartika Jaya Kendal"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added