Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bulog Jateng Pastikan Harga Gula Pasir Turun Pekan Depan

Sugit Tedjo Mulyono
Kepala Bulog Divre Jateng
Semarang-Harga gula pasir kristal putih di Kota Semarang, tercatat mengalami kenaikan. Kenaikannya sebesar empat persen, dengan harga jual Rp12.500 per kilogramnya.

Kepala Perum Bulog Divre Jateng Sugit Tedjo Mulyono mengatakan stok gula pasir saat ini, tercatat sebanyak 684,94 ton. Stok gula pasir itu, diketahui masih terus bertambah dengan semakin banyaknya pabrik gula yang melakukan proses penggilingan.

Menurutnya, beberapa pabrik gula di Jateng sampai dengan saat ini melakukan proses penggilingan tebu menjadi gula pasir. Di antaranya di Kudus, Pati dan Blora.

Sugit menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran nanti stok gula pasir dianggap lebih dari cukup. Bahkan, bisa memenuhi kebutuhan hingga 3-4 bulan ke depan.

"Stok di Bulog, kira-ira sampai dengan 3-4 bulan ke depan. Kita mulai giling ini. Jadi, sebenarnya kalau naik itu tidak lebih dari dua persen saja. Kalaupun naik, mungkin minggu depan sudah turun lagi. Karena, kita sudah mulai giling. Stok kita cukuplah, ada di PG, GMM dan di gudang Bulog juga ada. Ini stok secara riil jalan terus," kata Sugit, kemarin.

Lebih lanjut Sugit menjelaskan, pasokan gula pasir akan bertambah seiring mulainya musim giling. 

"Memang, saat bulan puasa ini banyak masyarakat mengolah makanan menggunakan gula pasir. Misalnya mengolah kolak untuk sajian buka, dan itu selalu memasak menggunakan gula pasir setiap hari," jelasnya.

Sementara itu, selain stok beras dan gula pasir yang diakui cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bahan pokok lain juga dianggap masih aman. Minyak goreng misalnya, di gudang Bulog Jateng ada 56.245 liter dan daging kerbau tercatat 6,52 ton. Sedangkan tepung, stok di gudang mencapai 28,38 ton. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar