|

Pemprov Gandeng Media dan Pegiat Wisata Promosikan Pariwisata di Jateng

Wagub Jateng Taj Yasin saat memberi sambutan di acara medi gathe-
ring wartawan se-Jateng di Omah Mbudur, Kabupaten Magelang.
Semarang-Jawa Tengah menyimpan banyak potensi pariwisata, yang bisa dijual kepada wisatawan asing ataupun domestik. Tidak hanya wisata alamnya, tapi juga wisata budaya dan kuliner. Namun, promosi pariwisata di Jateng masih belum optimal dan kalah dengan Jawa Timur atau Jawa Barat.

Wakil Gubernur Taj Yasin mengatakan upaya promosi pariwisata Jateng memang diakui belum optimal, bila dibandingkan dengan provinsi tetangga. Misalnya Yogyakarta, yang sangat getol dan masif di dalam menggarap dan mempromosikan pariwisata di wilayahnya. 

Gus Yasin menjelaskan, upaya promosi pariwisata yang masif bisa meniru pegiat wisata di Jatim. Karena, melalui promosi Jatim Park-nya jumlah kunjungan wisatawannya terus meningkat setiap tahun.

Menurutnya, tidak hanya sekadar belajar cara mempromosikan potensi pariwisatanya tapi juga belajar manajemen atau pengelolaan obyek wisata yang ada. Sehingga, dengan pengelolaan wisata yang optimal akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar obyek wisata.

"Karena tujuan kita membangun wisata ini bukan semata-mata kita mempromosikan daerah kita, tapi tujuan yang utama adalah bagaimana kita mengentaskan kemiskinan yang ada di kawasan wisata tersebut. Ini yang harus kita pikirkan. Makanya, kita butuh teman-teman wartawan ini untuk mempromosikan. Sebab, media yang diakses secara langsung. Biasanya, wisatawan asing datang tidak mengakses ke pemerintah tapi siapa pelaku atau pegiat wisatanya. Makanya, saya juga mengajak teman-teman pegiat wisata asli Jawa Tengah ayo kita promosikan bareng-bareng," kata Yasin di sela media gathering dengan wartawan Jateng di Omah Mbudur, Kabupaten Magelang, Senin (19/8) malam.

Gus Yasin lebih lanjut menjelaskan, selain belajar tentang cara mengelola obyek wisata, masyarakat atau pegiat wisata juga harus mampu berinovasi dan berimajinasi di dalam menarik minat wisatawan datang. Misalnya, dengan memerbanyak event pariwisata dan atraksi wisata yang mampu menarik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik.

"Perbanyak event pariwisata yang bisa membuat efek domino, sehingga mampu menjadi agenda kegiatan berkelanjutan. Kami dari pemprov akan siap memfasilitasi, jika pegiat wisata atau masyarakat desa wisata butuh pendampingan," tandasnya. (K-08)

Posted by kilas9.com on Rabu, Agustus 21, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pemprov Gandeng Media dan Pegiat Wisata Promosikan Pariwisata di Jateng"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added